8 Masalah utama MOBIL saat Touring/perjalanan Wisata di Indonesia dan Dunia

Masalah Utama Pada Mobil Saat Touring


tempat perbaikan mobil


Selalu saja ada hal yang akan mengejutkan teman-teman saat melakukan perjalanan wisata nantinya. 

Salah satunya adalah masalah pada Mobil dan Kendaraan saat Touring atau perjalanan Wisata

Dan hal ini akan sangat mengesalkan apabila teman-teman www.sibatakjalanjalan.com tidak dan belum memiliki solusinya

Jadi penulis sibatakjalanjalan.com akan berbagi 8 tips masalah pada Mobil dan kendaraan saat teman-teman hendak touring atau perjalanan wisata baik di Indonesia maupun Dunia.

perbaikan roda kendaraan

Horasss..! selamat datang diartikel www.sibatakjalanjalan.com yang khusus kali ini akan membahas mengenai masalah-masalah yang sering terjadi pada saat teman-teman melakukan perjalanan wisata dengan menggunakan transportasi pribadi seperti halnya roda 2 dan 4 . 

Pada dasarnya pada masalah-masalah yang terjadi sangat umum terjadi pada kendaraan roda 4 dan kemungkinan masalah yang terjadi bisa hampir sama atau mirip-mirip terjadi pada kendaraan roda 2 juga. 

Jadi tidak ada salahnya untuk teman-teman pengendara roda 2 juga mengetahui hal ini, selain akan membantu teman-teman dalam mengatasi masalah yang kemungkinan akan terjadi, juga akan memberikan teman-teman wawasan mengenai informasi yang sangat berguna ini. 

Dan tentu, beberapa masalah dibawah ini sangat penting untuk teman-teman segera perbaiki sebelum menjadi masalah yang semakin lebar.  

Tidak jarang penulis sibatakjalanjalan.com temui pengendara yang akhirnya berhenti dan akhirnya membutuhkan waktu lebih lama dari jam target untuk mencapai tujuan. 

Berikut masalah pada mobil dan penting untuk teman-teman perbaiki :

    1. Masalah pada saat mesin sulit dihidupkan pada pagi hari.
    2. Masalah pada saat mesin sangat sulit diaktifkan pada saat panas.
    3. Pada saat meningkatkan akselerasi mesin tersendat pada saat menginjak pedal gas.
    4. Masalah dengan mesin yang tenaganya mulai berkurang dari pemakaian harian biasanya.
    5. Masalah dengan mesin yang kadang hidup-mati.
    6. Lampu indikator oli yang terus menyala pada saat mobil sudah berjalan.
    7. Adanya suara mendesis dari mobil.
    8. Masalah pembakaran saat mesin menanjak.

Dan 8 masalah-masalah yang teman-teman temui diatas, dapat diatasi dan diperbaiki dengan cara-cara sibatakjalanjalan.com berikut :

       1.       Masalah pada saat mesin sulit dihidupkan pada pagi hari


mobil hijau di pagi hari


Sebenarnya ada beberapa dugaan penyebab masalah mesin sangat sulit dihidupkan pada saat pagi hari, bisa jadi karena mesin yang sudah terlalu dingin karena udara sekitar, atau karena tegangan dari aki/baterai(accu, akumulator) atau sumber daya yang sudah mulai habis. 

Tapi tidak jarang juga penyebabnya adalah terminal/penghubung antara aki/baterai dengan terminal aki yang sudah mulai berkarat atau kendor dan kotor. 

Sibatakjalanjalan.com sangat sarankan teman-teman mengecek terlebih dahulu untuk mengetahui akar masalahnya.


 2.      Masalah pada saat mesin sangat sulit diaktifkan pada saat panas


mengecheck masalah pada mobil


Pada saat melakukan touring/perjalanan wisata jarak jauh, akan sangat dianjurkan dan teman-teman ketahui adalah bahwa mesin mobil juga butuh istirahat/dimatikan. 

Yaitu sekitar 4-8 jam dari start awal, dan kemudian dilanjutkan perjalanan berikutnya. 

Namun kemudian tidak jarang ditemui bahwa mesin yang belum dingin total tersebut akan sulit diaktifkan/dihidupkan kembali. 

Penyebab mesin sangat sulit diaktifkan pada saat kondisi panas ini disebabkan oleh masalah yang beragam, seperti : kompresi silinder yang rendah, masalah dengan choke , injector yang sudah mulai kotor, dan atau saringan udara yang kotor dan tersumbat kala melakukan perjalanan jarak jauh. 

Sangat dianjurkan oleh penulis untuk teman-teman pembaca sibatakjalanjalan.com melakukan pembersihan pada tempat-tempat yang disebutkan diatas terlebih dahulu.


     3.      Pada saat meningkatkan akselerasi mesin tersendat pada saat menginjak pedal gas


mobil yang sedang dalam perjalanan


Pernahkah teman-teman sibatakjalanjalan.com merasakan hal yang sama ? merasa sudah menginjak pedal gas dengan benar, namun tenaga yang dihasilkan kurang, atau seperti ada yang tersendat. 

Masalah tersendat pada saat menginjak pedal gas ini akrab juga dirasakan apabila kendaraan teman-teman sudah berusia lebih dari 5 tahun pemakaian. 

Penyebab masalah yang umum dengan akselerasi mesin ini bisa berasal dari busi yang mulai aus atau bisa jadi dari jarak antara kepala busi dan sumbu busi yang terlalu regang, bisa terjadi pada karburator mesin dan penyebab lainnya yaitu dari bahan bakar yang kotor dan menyebabkan tersumbatnya aliran menuju pembakaran.

      4.      Masalah dengan mesin yang tenaganya mulai berkurang dari pemakaian harian biasanya


mobil dan seorang pria


Pada umumnya yang terjadi pada tenaga mesin yang mulai berkurang ini terjadi seiring waktu ke waktu, dan tidak terjadi langsung begitu saja secara tiba-tiba. 

Sehingga teman-teman pembaca sibatakjalanjalan.com dapat mengantisipasi dengan cara yang tepat dan waktu yang tepat pula. 

Berikut adalah penyebab mesin loyo dan seperti tidak bertenaga sebelumnya, bisa terjadi akibat dari : pemasangan timing belt yang tidak tepat, saringan bahan bakar yang kotor dan tersumbat, regulator dan masalah pada busi yang terlalu regang. 

Penyebab lainnya bisa terjadi pada vacuum karbuartor dan selang yang bocor. 

Ada pula penyebab yang mungkin terjadi lainnya adalah dikarenakan oleh kopling yang slip sehingga tidak ada perubahan dari posisi gear meskipun perputaran dari mesin sudah sangat tinggi.


     5.      Masalah dengan mesin yang kadang hidup-mati


kelistrikan pada mobil


Masalah yang mungkin sangat menjengkelkan yang bisa terjadi dengan kendaraan roda 4 teman-teman adalah pada saat mengaktifkan mesin, dan kunci sudah menuju on, mesin memang benar-benar hidup/aktif. 

Namun kemudian mati, dan begi seterusnya. Selain hal ini menjengkelkan karena mesin yang hidup-mati, masalah ini juga bisa menyebabkan berkurangnya tenaga aki/baterai mobil anda. 

Dan penyebab dari masalah mesin mobil yang hidup-mati ini dapat disebabkan oleh hal berikut : sistem kelistrikan dari kendaraan milik teman-teman sibatakjalanjalan seperti altenator, aki, kabel-kabel yang putus dan atau kendur dan sampai pada rangkaian pengapian yang mulai bermasalah. Penyebab lainnya adalah injektor yang sudah kotor dan tersumbat.


     6.       Lampu indikator oli yang terus menyala pada saat mobil sudah berjalan


mobil yang sedang menyala


Mesin kendaraan pabrikan yang teman-teman miliki tentu memiliki standard mesin masing-masing dan jenis oli yang hendak digunakan, beberapa mesin kendaraan roda 4 sering mengalami lampu indikator oli yang terus menyala. 

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah jenis oli yang tidak sesuai dengan standar perusahaan merek kendaraan yang teman-teman miliki, hal lainnya adalah volume dari oli yang teman-teman gunakan tidak sesuai dengan volume/jumlah yang dianjurkan. 

Masalah lainnya adalah, dengan sensor dan katup piranti dari pengecek oli yang sudah rusak dan saringan oli yang sudah dalam keadaan aus.


     7.      Adanya suara mendesis dari mobil


mobil dengan asap


Suara mendesis sering terjadi apabila kita memanaskan kendaraan tidak cukup lama, dan juga dapat terjadi meskipun mesin kendaraan sudah dipanaskan cukup lama.

Penyebab dari masalah suara mendesis dari mobil atau kendaraan roda 4 teman-teman sibatakjalanjalan.com adalah bisa jadi karena selang vacuum yang bocor dan gasket di kepala silinder yang sudah rusak, bocor dan robek.


     8.     Masalah pembakaran saat mesin menanjak


mesin kendaraan


Masalah pembakaran pada saat mesin menanjak sangat beragam, mulai dari bahan bakar yang kotor, pengapian yang tidak tepat, sumbu dan busi maupun jarak kepala busi yang sudah regang hingga masalah injector atau karburator mobil yang sudah bermasalah, seperti bahan bakar dan udara dengan pemantik api yang tidak sempurna.


Berikut beberapa nomor-nomor darurat untuk seluruh daerah di seluruh Indonesia

    1. Nomor telepon  Ambulans :118 dan 119
    2. Nomor telepon  Polisi : 110
    3. Nomor telepon  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan : 115
    4. Nomor telepon  Bencana Alam : 129
    5. Nomor telepon  Perusahaan Listrik Negara/PLN : 123
    6. Nomor telepon  Pemadam Kebakaran : 113 dan 1131
    7. Nomor telepon  satelit dan seluler : 112
    8. Nomor telepon  Keracunan : (021)4250767
    9. Nomor telepon  Pencegahan Bunuh Diri : (021)7256526, (021)7257826 dan (021)7221810.
    10. Nomor telepon  Konseling masalah kejiwaan Direktorat Pelayanan Kesehatan Jiwa Kemenkes RI : Hotline 500-454.

Alasan kenapa teman-teman harus menyimpan Nomor Darurat

    1. Nomor darurat di Indonesia tidak hanya berpusat di satu saluran saja, akan lebih baik memiliki nomor darurat untuk daerah tertentu, terutama pada destinasi wisata yang sedang teman-teman sibatakjalanjalan.com kunjungi.

    2. Dari sekian nomor darurat yang penulis sibatakjalanjalan.com lampirkan selalu ada satu nomor yang memang harus teman-teman ingat, yaitu nomor darurat dari Nomor telepon  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan : 115 . Jika di luar negeri, nomor ini sama pentingnya dengan nomor telepon 911.

    3. Tidak hanya terdiri dari 155 yang berisi 3(tiga) angka saja, terlebih dan sangat baik apabila teman-teman memiliki nomor kantor polisi terdekat dan rumah sakit dari destinasi wisata yang teman-teman kunjungi.

    4. Situasi genting yang membutuhkan respon cepat, seperti sama halnya dalam keadaan sangat genting sekali, dan hanya satu tindakan yang dapat teman-teman lakukan dalam kondisi masalah yang dihadapi, seperti kecelakaan dan berada di ujung jurang dan sebagainya.

    5. Sangat baik disimpan dan dibagikan kepada teman-teman lain sebagai informasi tambahan yang berguna dan baik diketahui.

    6. Jangan lupa untuk teman-teman yang sedang dan akan berkunjung juga segera mencari informasi mengenai daerah tersebut untuk dapat lebih cepat mendapat pertolongan pertama apabila mengalami masalah maupun kendala saat di perjalanan.Seperti nomor telepon : jasa marga, layanan mobil Derek, jasa perbaikan dan reparasi peralatan mesin kendaraan dan tentu tempat-tempat yang memungkinkan untuk disinggahi.

    7. Nomor lainnya yang tidak kalah penting adalah nomor telepon dari saudara, teman dan keluarga yang berada di destinasi wisata yang sedang kebetulan teman-teman kunjungi.
Beberapa nomor variasi yang bisa teman-teman simpan merupakan nomor-nomor dari Komunitas Wisata setempat dimana hal ini akan sangat berguna sebagai jalan untuk saling menjalin pertemanan dan mendapatkan referensi-referensi tempat-tempat wisata eksotis lainnya yang belum tentu telah dilampirkan di internet. 

Atau bisa jadi situs wisata ini merupakan destinasi wisata baru sehingga tidak banyak orang yang telah mengulas atau mengunjungi tempat ini.

Bukankah menarik mendapat pengalaman baru saat berjalan-jalan wisata ?

Tetap jaga kesehatan teman-teman sibatakjalanjalan.com

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1