8 Masalah kendaraan TOURING yang harus diperbaiki di BENGKEL untuk Keselamatan

8 Masalah kendaraan TOURING yang harus diperbaiki di BENGKEL untuk Keselamatan

Masalah Kendaraan Saat Perjalanan Jarak Jauh (Touring)


mobil-sport-berwarna-merah


Keselamatan adalah hal yang paling utama 

Jika nantinya dalam perjalanan hanya akan menimbulkan masalah baru, maka liburan teman-teman akan sangat kurang menyenangkan. 

Jadi berikut penulis www.sibatakjalanjalan.com rangkum beberapa hal mengenai masalah dan apa yang harus teman-teman lakukan saat sebelum dan sesudah mengalami masalah di perjalanan saat melakukan perjalanan wisata.  


Horasss..!  

Selamat datang di artikel sibatakjalanjalan.com yang khusus kali ini akan membahas mengenai perlindungan dan perbaikan masalah kendaraan saat Touring/perjalanan wisata yang harus teman-teman bawa ke bengkel.  

Memang beberapa masalah pada kendaraan baik roda 2 dan 4 teman-teman dapat sekiranya teman-teman atasi di perjalanan, terlebih bagi teman-teman yang sudah berpengalaman dan sering menghadapi masalah yang sama, namun masalah berikut ini sangat dan penting teman-teman perhatikan agar teman-teman segera membawanya ke bengkel resmi dari merek kendaraan teman-teman.


Mengapa harus ke Bengkel ?

Bengkel resmi merek kendaraan teman-teman penulis yakini sudah menyediakan tenaga professional yang telah dilatih dan dapat memperbaiki masalah kendaraan teman-teman. 

Selain tenaga professional, persediaan alat dan kebutuhan perangkat pendukung lainnya tentu sudah ada di bengkel resmi.  

Dan tak jarang bengkel resmi memberikan asuransi perbaikan yang dapat teman-teman gunakan sehingga tidak mengeluarkan biaya dan bahkan seringnya gratis. 

Sehingga kantong teman-teman lebih aman untuk cadangan biaya dikala melakukan perjalanan wisata nantinya. 

Berikut adalah 8 masalah kendaraan yang digunakan untuk touring yang harus dibawa ke bengkel untuk perbaikan versi sibatakjalanjalan.com :
  1. Masalah pada DVD Player atau radio.
  2. Masalah pada timing belt
  3. Masalah pada shockbreaker
  4. Masalah pada mobil di kaca depan
  5. Masalah pada radiator mobil
  6. Masalah pada pompa bahan bakar
  7. Masalah pada rem
  8. Masalah pada sistem transmisi

    1.       Masalah pada DVD Player atau radio


dvd player


Masalah pada DVD Player sepertinya tidak akan menyebabkan masalah yang lebih besar, seringnya kita berfikir seperti itu. 

Namun pada beberapa kasus kerusakan pada DVD Player dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dan menimbulkan biaya yang lebih besar pula. 

Masalah pada DVD Player dapat diakibatkan oleh sistem kelistrikan mobil, dan bila teman-teman mencoba memperbaiki namun tidak yakin akan mampu memahami kelistrikan mobil, lebih baik teman-teman sibatakjalanjalan.com membawanya ke bengkel untuk dapat diperbaiki oleh tenaga professional dan tidak mengakibatkan kerusakan pada perangkat lainnya.


    2.      Masalah pada timing belt


timing belt pada mobil


Timing belt adalah komponen yang dapat melakukan dan membuat mesin kendaraan teman-teman bergerak dengan semestinya. 

Sibatakjalanjalan.com sangat menganjurkan agar perbaikan pada timing belt ini dilakukan di bengkel resmi kendaraan teman-teman sibatakljalanjalan.com. 

Sibatakjalanjalan.com sangat menganjurkan agar perbaikan pada timing belt ini dilakukan di bengkel resmi kendaraan teman-teman sibatakljalanjalan.com.


    3.      Masalah pada shockbreaker


shockbreaker pada kendaraan bermotor

Shockbreaker berfungsi sebagai sistem pendukung keamanan dan rem pada kendaraan teman-teman sekalian. 

Selain berisiko dalam pemasangan shockbreaker yang tidak tepat, pemasangan yang dilakukan bukan oleh ahlinya juga berisiko pada kesalamatan teman-teman nantinya pada saat perjalanan dan melakukan rem mendadak. 

Selain berisiko dalam pemasangan shockbreaker yang tidak tepat, pemasangan yang dilakukan bukan oleh ahlinya juga berisiko pada kesalamatan teman-teman nantinya pada saat perjalanan dan melakukan rem mendadak.


    4.      Masalah pada mobil di kaca depan


kaca depan mobil


Meskipun terlihat sepele, teman-teman harus memperhatikan hal ini dengan seksama dan tidak melihat masalah pada kaca depan mobil dengan mudah sehingga mencoba memperbaikinya sendiri. 

Nyatanya hal ini dapat berakibat fatal dan memberikan masalah yang lebih besar kepada pengeluaran teman-teman nantinya.


    5.      Masalah pada radiator mobil


radiator pada mobil

Kebergunaan dari radiator yang akan membantu teman-teman untuk mendinginkan mesin kendaraan teman-teman, ada baiknya perbaikan pada masalah kerusakan radiator teman-teman dilakukan oleh ahlinya dan tidak sembarangan dalam melakukan perbaikan yang mengakibatkan pengeluaran yang lebih berat.


    6.      Masalah pada pompa bahan bakar


mobil berwarna orange


Masalah pada pompa bahan bakar merupakan masalah yang sangat sensitif dan dapat berakibat fatal apabila teman-teman mencoba memperbaikinya sendiri, sehingga dapat mengakibatkan kesalahan dan kebocoran yang sangat berbahaya apabila saat kendaraan dinyalakan. 

Sangat disarankan oleh penulis sibatakjalanjalan.com untuk memperbaiki hal ini di bengkel resmi merek kendaraan teman-teman sekalian.


    7.      Masalah pada rem


velg dan rem mobil


Pada sistem pengereman, yang harus diperbaiki bukan hanya pada masalah bantalan rem saja. Namun terdapat hal lain seperti kaliper, rotor, bantalan roda dan tentu minyak rem.

Yang sangat disarankan oleh penulis hanya dilakukan oleh tenagaprofessional dari bengkel resmi merek kendaraan teman-teman sibatakjalanjalan.com .

    8.     Masalah pada sistem transmisi


persenelling mobil


Sistem transmisi atau teman-teman sibatakjalanjalan.com kenal sebagai "perseneling" merupakan perbaikan yang berisiko, apalagi bila dilakukan oleh orang yang bukan merupakan tenaga professional. 

Terutama pada mesin kendaraan yang bersifat manual, akan sangat lebih berisiko lagi.


Berikut beberapa nomor-nomor darurat untuk seluruh daerah di seluruh Indonesia

    1. Nomor telepon  Ambulans :118 dan 119
    2. Nomor telepon  Polisi : 110
    3. Nomor telepon  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan : 115
    4. Nomor telepon  Bencana Alam : 129
    5. Nomor telepon  Perusahaan Listrik Negara/PLN : 123
    6. Nomor telepon  Pemadam Kebakaran : 113 dan 1131
    7. Nomor telepon  satelit dan seluler : 112
    8. Nomor telepon  Keracunan : (021)4250767
    9. Nomor telepon  Pencegahan Bunuh Diri : (021)7256526, (021)7257826 dan (021)7221810.
    10. Nomor telepon  Konseling masalah kejiwaan Direktorat Pelayanan Kesehatan Jiwa Kemenkes RI : Hotline 500-454.

Alasan kenapa teman-teman harus menyimpan Nomor Darurat

    1. Nomor darurat di Indonesia tidak hanya berpusat di satu saluran saja, akan lebih baik memiliki nomor darurat untuk daerah tertentu, terutama pada destinasi wisata yang sedang teman-teman sibatakjalanjalan.com kunjungi.

    2. Dari sekian nomor darurat yang penulis sibatakjalanjalan.com lampirkan selalu ada satu nomor yang memang harus teman-teman ingat, yaitu nomor darurat dari Nomor telepon  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan : 115 . Jika di luar negeri, nomor ini sama pentingnya dengan nomor telepon 911.

    3. Tidak hanya terdiri dari 155 yang berisi 3(tiga) angka saja, terlebih dan sangat baik apabila teman-teman memiliki nomor kantor polisi terdekat dan rumah sakit dari destinasi wisata yang teman-teman kunjungi.

    4. Situasi genting yang membutuhkan respon cepat, seperti sama halnya dalam keadaan sangat genting sekali, dan hanya satu tindakan yang dapat teman-teman lakukan dalam kondisi masalah yang dihadapi, seperti kecelakaan dan berada di ujung jurang dan sebagainya.

    5. Sangat baik disimpan dan dibagikan kepada teman-teman lain sebagai informasi tambahan yang berguna dan baik diketahui.

    6. Jangan lupa untuk teman-teman yang sedang dan akan berkunjung juga segera mencari informasi mengenai daerah tersebut untuk dapat lebih cepat mendapat pertolongan pertama apabila mengalami masalah maupun kendala saat di perjalanan.Seperti nomor telepon : jasa marga, layanan mobil Derek, jasa perbaikan dan reparasi peralatan mesin kendaraan dan tentu tempat-tempat yang memungkinkan untuk disinggahi.

    7. Nomor lainnya yang tidak kalah penting adalah nomor telepon dari saudara, teman dan keluarga yang berada di destinasi wisata yang sedang kebetulan teman-teman kunjungi.
Beberapa nomor variasi yang bisa teman-teman simpan merupakan nomor-nomor dari Komunitas Wisata setempat dimana hal ini akan sangat berguna sebagai jalan untuk saling menjalin pertemanan dan mendapatkan referensi-referensi tempat-tempat wisata eksotis lainnya yang belum tentu telah dilampirkan di internet. 

Atau bisa jadi situs wisata ini merupakan destinasi wisata baru sehingga tidak banyak orang yang telah mengulas atau mengunjungi tempat ini.

Bukankah menarik mendapat pengalaman baru saat berjalan-jalan wisata ?

Tetap jaga kesehatan teman-teman sibatakjalanjalan.com


Posting Komentar

0 Komentar