7 Prosesor Game Terbaik CEK Spesifikasi HP GAMING-mu

Prosesor HP Terbaik untuk Game

Prosesor HP merupakan perangkat keras komputer dan smartphone yang bertindak sebagai komponen utama sebagai pengolah data secara cepat, dalam hal ini prosesor bisa dianalogikan sebagai bagian otak pada manusia. Maka keberadaan prosesor idealnya terletak dibagian tengah perangkat tersebut, posisi ini sangat ideal karena dapat secara aktif dan terstruktur terhubung langsung dengan perangkat keras dan mengolah data perangkat lunak secara cepat.

Berbeda dengan pasar prosesor pada laptop dan PC (personal computer) yang secara garis besar dipegang oleh dua perusahaan vendor prosesor besar yaitu Intel dan AMD. Prosesor smartphone khususnya HP gaming memiliki setidaknya 7 daftar prosesor terbaik yang sibatakjalanjalan rekomendasikan ada di ponsel teman-teman sekalian.

Chipset
Teman-teman pembaca tentu sering mengalami keambiguan mengenai prosesor dan chipset, apa perbedaannya dan apa hubungan dari kedua nama ini. Penyebutan prosesor pada perangkat telepon genggam pada kardus spesifikasi menggunakan kata "chipset" yang sebenarnya adalah rangkaian integrated circuit atau IC elektronik yang mengatur keseluruhan hubungan antara prosesor ke memori, ke GPU dan perangkat keras lainnya.
Referensi HP Gaming Terbaik

1. Snapdragon

Qualcomm Snapdragon bisa jadi merupakan salah satu kandidat perangkat keras smartphone yang paling banyak beredar di pasar HP gaming. Dari smartphone entry level, mid hingga flagship. Snapdragon diyakini memiliki performa dengan konsumsi daya yang cukup rendah. Snapdragon masih terus memberikan dukungan optimal pada grafis hingga teknologi jaringan terbaru, yaitu 5G.

prosesor hp terbaik untuk game snapdragon
Qualcomm Snapdragon
Berdasarkan informasi yang penulis rangkum dari wikipedia/wiki/Snapdragon, Snapdragon merupakan produk SoC atau semikonduktor system on chip yang dirancang dan dipasarkan menggunakan arsitektur ARM. Dalam satu SoC dapat terdiri dari CPU, GPU Adreno, modem nirkable, DSP,ISP dan perangkat pendukung untuk GPS, kamera, video, audio, pengenalan gestur, akselerasi hingga kecerdasan buatan. Produk Snapdragon banyak ditemukan pada vendor smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, Windows Phone dan Netbook.

Awal peluncuran Snapdragon pada saat mengembangkan CPU Scorpion dibulan November 2007 yang dilengkapi dengan prosesor sinyal digital Hexagon yang dibuat secara khusus.

Snapdragon 888+ 5G Mobile Platform
Pada versi Snapdragon™ 888+ 5G produk ini menawarkan peningkatan dalam melakukan memproses data dan AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) dengan mesin generasi ke 6 Qualcomm® Artificial Intelligence (AI) Engine and Qualcomm® Kryo™ 680 CPU untuk menghadirkan pengalaman hiburan secara premium dan layak didapatkan secara intuitif dan efisien.

Berikut produk hp gaming terbaik dan perangkat game terbaik yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon :
  • ASUS Smartphone
  • Sony Xperia PRO-I
  • HP Laptop 14
  • Mobvoi TicWatch Pro 3 Ultra
  • Lenovo Ideapad Duet 5 Chromebook Gen 6
  • Thomson Neo Z3
  • Samsung Galaxy A52s 5G
  • ASUS ROG Phone 5s dan Phone 5s Pro
  • Fossil Gen 6 Smartwatch
  • HP Chromebook x2 11
  • Samsung Galaxy Book Go 5G
  • Samsung Galaxy Z Flip3 5G & Galaxy Z Fold3 5G
  • Honor 50 Pro
  • Dan masih banyak lagi
Daftarkan diri dan bergabung dalam keanggotaan komunitas Snapdragon untuk menjadi yang pertama mencoba produk dan informasi terbaru dari Snapdragon.

Baca juga : Gaji karyawan Samsung . 

Lihat dukungan produk Snapdragon untuk :
  • Product Kits untuk pengembangan : https://createpoint.qti.qualcomm.com/
  • Documents katalog : https://createpoint.qti.qualcomm.com/chipcenter/link/search/global
  • Cari Software Code : https://createpoint.qti.qualcomm.com/planner/link/chipCode
  • Download Software Tools : https://createpoint.qti.qualcomm.com/tools/link/
  • Bantuan berdasarkan pengalaman : https://createpoint.qti.qualcomm.com/dashboard/#cases
Download DataSheet Snapdragon® 888+ 5G Mobile
download
Download User Guide Snapdragon
download

2. Nvidia Tegra

Merupakan seri SoC yang dikembangkan oleh Nvidia. Nvidia yang juga merambah pasar pc gaming juga turut masuk pada perangkat seluler sebagai salah satu vendor prosesor hp gaming terbaik tahun ini. Tegra juga mengintegrasikan arsitektur CPU ARM pada GPU, northbride, southbridge dan pengontrol memori dalam satu paket. Pada awalnya memang Tegra didesain sebagai prosesor multimedia yang efisien dengan menekan beban kerja pada aplikasi permainan dan machine learning tanpa harus mengonsumsi daya berlebih.

prosesor hp terbaik untuk game nvidia tegra
Nvidia Tegra
Produk Nvidia Tegra dapat berjalan pada Android, Linux, Windows dan sistem yang menggunakan perangkat pengembangan gratis pada game dan aplikasi ke level yang lebih tinggi.

Bergabung disini dengan forum pengembang Nvidia untuk banyak kategori seperti Mesin otomatis, AI dan Data Sains, Accelerated Computing, Kesehatan, Gaming dan Visualisasi, pengembangan perangkat lunak, grafis dan masih banyak lagi.

Untuk mencari dokumentasi perangkat keras Nvidia dan pengembangannya, teman-teman dapat menggunakan kolom ini untuk mendapatkan dokumentasi perangkat Nvidia terbaru.

Download aplikasi pendukung untuk containers, model dan masih banyak lagi untuk menunjang pengembangan menggunakan perangkat NVidia.
Ikuti pelatihan khusus dari Nvidia pada kursus berbayar dan gratis.
Download Datasheet Nvidia Tegra
download
Download User Guide Nvidia Tegra
download

3. MediaTek

Berkantor pusat di Hsinchu, Taiwan dan didirikan pada tahun 1997 tanggal 28 Mei. Mediatek memfokuskan produknya pada sistem Chip, perangkat Bluetoth, Televisi Digital dan perangkat elektronik lainnya, termasuk sebagai salah satu merek prosesor hp gaming terbaik pada saat ini.

prosesor hp terbaik untuk game mediatek
MediaTek
MediaTek Dimensity : Incredible In, Incredible Out
Sebagai slogan yang digunakan MediaTek pada produk dimensitinya untuk menyatakan kepada masyarakat bahwa MediaTek Dimensity itu merupakan prosesor yang luar biasa di dalam perangkat dan luar biasa di dalam perangkat.

Pada teknologi 5G yang didukung MediaTek Dimensity menjanjikan banyak hal, termasuk konektifitas yang super cepat. Vendor MediaTek percaya bahwa hasil pemikiran mereka yang tertuang pada produk-produk Dimensity 5G merupakan pemikiran yang berani, progresif dan inovatif, sebuah pengembangan teknologi yang brilian. Dan hasilnya pada rangkaian chip 5G untuk operator, pembuatan perangkat dan konsumen yang menghadirkan kecepatan dan kinerja yang belum ada pada perangkat sebelumnya.

Dan berikut perangkat hp gaming terbaik yang menggunakan MediaTek Dimensity :
  • OPPO Reno 3 Pro
  • realme C3
  • realme 6
  • Redmi Note 8 Pro
Teknologi game dari MediaTek
  • HyperEngine 3.0 (https://www.mediatek.com/innovations/hyperengine-3)
  • HyperEngine 2.0 (https://www.mediatek.com/innovations/hyperengine-2)
  • HyperEngine 1.0 (https://www.mediatek.com/innovations/hyperengine-1)
Download DataSheet MediaTek
download
Download User Guide MediaTek
download

4. Intel

Intel Corporation sudah cukup terkenal baik di pasar komputer dan laptop gaming hingga juga terbilang cukup lama telah merambah pasar hp gaming, Intel menghadirkan teknologi gaming yang mutahir dengan cara sistem kerjasama bersama produsen HP. Perusahaan multinasional dan perusahaan yang berpusat di Santa Clara California, Silicon Valley ini menghasilkan chip semiconductor terbesar yang dihitung berdasarkan pendapatan. Sistem kerja mesin Intel pada produknya berkonsep menggunakan pengembangan seri x86 dari mikroprosesor.
Beberapa produk mikroprosesor yang telah bekerjasama dengan Intel yaitu produsen laptop Lenovo, HP dan Dell.

prosesor hp terbaik untuk game intel core i9
Intel Core i9
Sejarah
Berdasarkan sejarah, Robert Noyce dan Gordon Moore mendirikan prosesor Intel untuk meraup keuntungan yang besar dari pasar mikroprosesoor yang saat itu sangat mahal. Lalu brand Intel sendiri diambil dari singkatan INTegrated ELectronics.

Cek perangkat dan produk yang sekiranya cocok dari Intel pada pengembangan bisnis dan kinerja anda
check
Download software Update terbaru dari Intel untuk perangkat elektronik anda
download

Bergabung dengan komunitas Intel dan berbagi informasi mengenai pengalaman dan referensi produk
check
Download aplikasi intel untuk iOS disini
download
Download aplikasi intel untuk Android disini
download
Download DataSheet Intel
download
Download User Guide Intel
download

5. HiSilicon Kirin

Prosesor Kirin sangat akrab kaitannya dengan produk-produk hp gaming terbaik dari vendor Huawei. Dan memang HiSilicon merupakan chipset yang dikhususkan pada perangkat smartphone Huawei. Perusahaan ini didirikan pada 1991 sebagai perusahaan semikonduktor yang memiliki lisensi untuk desain CPU ARM Cortex, dengan produk nama Kirin.

prosesor hp terbaik untuk game hisiliconkirin
HiSilicon Kirin
Kirin hanya boleh digunakan pada produk Huawei dan brand turunannya (subrand) Honor. Namun tidak selalu hp dengan merek Huawei atau Honor menggunakan prosesor Kirin, ada beberapa seri dari Honor dan Huawei yang menggunakan prosesor Snapdragon dan MediaTek.

Series dari Chipset Kirin sendiri dibagi atas :
  • Kirin Kelas Flagship Seri 9, digunakan pada hp gaming terbaik Huawei P20 Pro, Huawei P30 Pro, Huawei Mate 20 Pro, Honor 10, Honor 20, Huawei Mate 30 Pro.

  • Kirin 7xx, Kirin 710 merupakan chipset Kirin kelas menengah yang memiliki fitur-fitur turunan dari chipset Kirin kelas atas.

  • Kirin 6xx, terdapat pada HP gaming Huawei Nova 2i, Honor 9 Lite, Honor 4C.

  • K3V2 dan K3V2E, digunakan pada  Huawei Ascend D Quad XL dan tablet Huawei MediaPad 10 FHD7
Dan berikut referensi prosesor produk Kirin yang terbaik
  • Kirin 9000 (fabrikasi 5 nm)
  • Kirin 990 (fabrikasi 7nm + EUV3)
  • Kirin 985 (fabrikasi 7nm)
  • Kirin 980 (fabrikasi 7nm)
  • Kirin 820 ( fabrikasi 7 nm)
  • Kirin 970 (Cortex-A73 dan Cortex-A53)
  • Kirin 810 (pemrosesan 7 nm)
  • Kirin 960 ( fabrikasi 16 nm)
  • Kirin 710 (fabrikasi 12 nm)
  • Kirin 955 (fabrikasi 16 nm)
Hubungi dukungan teknis dari HiSilicon Kirin disini
check
Untuk menjalin usaha dan bekerjasama dengan Hisilicon disini
check
Smart IoT Platform dari HiSilicon
check
Smart Vision Platform dari HiSilicon
check
Download DataSheet HiSilicon Kirin
download
Download User Guide HiSilicon Kirin
download

6. Exynos

Exynos sebelumnya memiliki nama "Hummingbird" yang berfokus pada rangakian sistem chip ARM yang dikembangkan oleh divisi System LSI Samsung Electronics dan diproduksi langsung oleh Samsung Foundry kelanjutan dari lini SoC S3C, S5L dan S5P Samsung dari versi sebelumnya.

prosesor hp terbaik untuk game exynos
Exynos
Sejarah
Di tahun 2010 Samsung meluncurkan Hummingbird S5PC110 yang sekarang dikenal sebagai 'Exynos 3 Single', pada produk Samsung Galaxy S dengan menampilkan ARM Cortex-A8 berlisensi dengan kode nama Hummingbird. Hummingbird dikembangkan dalam suatu kesepakatan kemitraan dengan Intrinsity menggunakan teknologi FastCore dan Fast14.
Setahun kemudian pada 29 September 2011 Samsung kembali memperkenalkan generasi 
prosesor terbaru dengan nama 'Exynos 4212' sebagai penerus dari Exynos 4210. Sibatakjalanjalan menilai chip ini memiliki frekuensi clock yang lebih tunggi sekitar 50 persen lebih tinggi pada grafis 3D dari versi sebelumnya. Exynos 4212 juga berdaya rendah dalam melakukan proses gerbang mental high-? (HKMG) 32 nm. Sehingga hal ini meningkatkan daya 30 lebih rendah dari generasi proses sebelumnya.

Jenis Chipset Exynos
Lebih jauh tentang chipset prosesor Exynos, dibagi kedalam jenis :
  • ARMv7 Exynos : terdiri dari 15 tipe chipset yang berbeda dan dibangun dengan fabrikasi 32 nm
  • ARMv8 Exynos : dibagi atas ARMv8 Exynos Mid-Range dan Entry-Level dan ARMv8 Exynos High-End
Daftar Chipset Exynos untuk HP Gaming Terbaik
  • Exynos 2100 : dibangun dengan proses fabrikasi EUV 5 nm
  • Exynos 1080 : dibangun dengan proses EUV 5nm
  • Exynos 990 : proses fabrikasi EUV 7 nm
  • Exynos 9825 : dibuat dengan fabrikasi EUV 7 nm
  • Exynos 9820 : dibangun dengan teknologi fabrikasi 8 nm
  • Exynos 980 : dibangun dengan teknologi fabrikasi 8 nm
  • Exynos 9810 : dibangun dengan fabrikasi 10 nm
  • Exynos 8895 : dibangun dengan fabrikasi 10 nm
  • Exynos 8890 : dibangun dengan fabrikasi 14 nm
  • Exynos 9611 : dibangun dengan fabrikasi 10 nm
Download DataSheet Exynos
download
Download User Guide Exynos
download

7. Apple Bionic

Jika diartikan Bionik berarti perpaduan teknologi ilmu yang digunakan untuk mengganti struktur anatomi/fisiologis dengan komponen elektronik/mekanik.

prosesor hp terbaik untuk game apple bionic
Apple Bionic
Lalu apa maksud kata 'bionic' pada prosesor Apple ini ? ternyata hanya sebagai pembeda saja dari nama chip kompetitor, mengingat nama prosesor seperti A8 atau A9 tidak menarik di ingatan para konsumen. Sebelumnya Apple menggunakan kata Fusion.

Dan berikut produk iPhone dari Apple yang menggunakan prosesor Bionic :
  • iPhone SE 2020 menggunakan Apple 13 Bionic dengan CPU Hexa-core 2x2.65 GHz Lightning + 4x1.8 GHz Thunder
  • iPhone 12 menggunakan  Apple A14 Bionic dengan CPU Hexa-core 2x3.1 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm dan dipadukan RAM berkapasitas 4GB serta media penyimpanan hingga 256GB
  • iPhone 12 Pro menggunakan A14 Bionic dengan CPU Hexa-core 2x3.1 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm
  • iPhone 12 Pro Max menggunakan Apple A14 Bionic dengan CPU Hexa-core 2x3.1 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm) yang dipadukan RAM berkapasitas 6GB dan media penyimpanan 512 GB
  • iPhone 12 Mini menggunakan Apple A14 Bionic dengan CPU Hexa-core 2x3.1 GHz Firestorm + 4x1.8 GHz Icestorm. Dipadukan dengan RAM berkapasitas 4GB dan media penyimpanan 256GB
Download DataSheet Apple Bionic
download
Download User Guide Apple Bionic
download

Baca juga : 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url