Buat Game Sendiri dengan Game Engine Terbaik Mudah Digunakan

Membuat Game dengan Game Engine

Game Engine merupakan sistem perangkat lunak (software) komputer yang dapat digunakan untuk merancang, membuat dan memproduksi video game, seperti membuat game android dan iOS Genshin Impact, PUBG New State, Fortnite, Free Fire, Roblox dan game-game terkenal lainnya.
Sebagai dasar pembuatan game, Game engine (game engine software) diharapkan memberikan kemudahan bagi pengembang sehingga dapat membuat game pada platform berbeda (crossplatform). Maksudnya agar pengembang dapat membuat game online berjalan di website dan di hp (smartphone).
Variasi perkembangan game baru-baru ini juga turut semakin inovatif, pengembang mulai memikirkan cara membuat game yang bisa menghasilkan uang, NFT dan Kripto. Dan buktinya cara memberi reward/hadiah ini memang cukup menarik perhatian untuk mendatangkan pemain baru.
Kamu harus tahu :
Sejarah Game Engine
Untuk mendalami game engine sebagai software untuk membuat game masa kini, ada sejarah panjang mengenai game engine ini yang perlu diketahui. Berkenalan dengan Atari 2600 (Atari Video Computer System) dirilis ke pasar elektronik pada 11 September 1977 adalah konsol permainan video yang diproduksi oleh Atari, Inc. Perangkat ini terkenal karena kepopulerannya menggunakan perangkat keras mikroprosesor dan kaset ROM yang berisi kode permainan. Format pertama yang digunakan pada vodep game "Fairchild Channel F" di tahun 1976.

aplikasi pembuat game online dan offline unity
Game Engine Unity

1. Unity

Unity merupakan mesin permainan (game engine software) yang dikembangkan oleh perushaan Unity Technologies dan pertama kali dirilis ke pasar pembuatan game/game engine pada Juni 2005 di Apple Inc. Dan pada 2018 game engine Unity telah mendukung lebih dari 25 jenis game yang ada di dunia.
Saat ini game engine unity sudah dapat berjalan pada sistem operasi berbeda (cross-platform) seperti Windows, Linux, Mac OS, Android, iOS, PS3 & PS4, Xbox One dan masih banyak lagi.

Untuk dapat membuat permainan online seperti game android, teamn-teman sibatakjalanjalan harus juga belajar coding/pengkodean dengan bahasa pemograman C#, UnityScript/JavaScript,BooScript dan Python untuk pengembangan game di Unity.

Spesifikasi perangkat komputer untuk menjalankan Unity
Unity dapat berjalan di sistem operasi : Windows 7 SP1+, 8, 10, (hanya versi 64 bit); Mac OS X 10.12+; Ubuntu 16.04, 18.04, dan CentOS 7.

GPU yang digunakan : Graphics card with DX10 (shader model 4.0) capabilities.

Kelebihan dan kekurangan Unity
Kelebihan
  • Gratis
    Game engine Unity dapat pembaca dapatkan secara gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dengan versi "Free (Personal Edition)" sehingga kebebasan penggunaan perangkat lunak (software) ini memberikan anda peluang membuat game online seperti mobile legend atau yang lebih mudah seperti membuat game untuk anak-anak dan membuat game simulator.

  • Cross-Platform (dapat berjalan di platform berbeda)
    Tentu menyenangkan bila dapat membuat game online untuk dijual di playstore dan appstore.

  • Tampilan pengguna yang mudah
    Unity cukup mudah digunakan untuk pemula dan professional game maker (pembuat game).

  • Fitur, dokumentasi dan tutorial lengkap
    Teman-teman dapat mengunduh fitur-dokumentasi dan tutorial lengkap mengenai game engine pada link dibawah.

  • Ringan dijalankan
    Meski sebagai perangkat lunak pembuat game (game engine maker) Unity tetap ringan dijalankan meski PC/Laptop kamu kentang.
Kekurangan
  • Pembuatan game tingkat lanjut
    Sibatakjalanjalan akui baik penulis dan pengembang lain pasti memiliki kesulitan tersendiri pada tahap pengembangan game 2D dengan tanpa bantuan plug-in.

  • Komponen dasar (component based)
    Penyesuaian game dan game maker (pembuat game) harus memperhatikan dasar-dasar pembuatan game dulu.

  • Memory
    Mengingat pembuatan game cukup komplek, masalah konsumsi cache memory cukup banyak dihabiskan oleh game engine unity.
Unduh/download Unity untuk Windows, Mac OS, Linux dan pilih versi Unitymu sendiri untuk memulai project pembuatan game
download
Untuk meningkatkan kualitas, produktivitas dan performa pembuatan game, ada banyak fitur dan rilis terbaru dari Unity yang bisa didapatkan, cek segera
check
Untuk mempermudah belajar dan cara-cara terbaik membuat game 2D-3D dan AR/VR, silahkan dapatkan panduannya disini 
check
*. lengkap dengan editor terbaik, cara teknis, game play, desain, ai, platform dan rendering juga visual effects.

Baca dokumentasi manual dan referensi script terbaik dari Unity Documentation
check
Jika masih terkendala dalam pembuatan game di Unity, temukan jawabannya segera secara lengkap dengan cara terbaik
check
Cek masalah pembaharuan dan tantangan yang dihadapi pengembang game Unity di halaman IssueTracker
check
Butuh bantuan cepat dan online saat pengembangan game di Unity ? hubungi segera bantuan langsung secara live/online di Live Help
check

2. Blender Game Engine

Blender Game Engine merupakan perangkat lunak pembuat game (software game engine maker) yang dapat digunakan secara gratis dan open source produksi 3D suite. Dengan perangkat lunak game engine dari blender dapat membuat konten interaktif secara real-time. Di aplkasi ini teman-teman sibatakjalanjalan dapat membuat game dengan bahasa pemograman python dan mengisi suara dengan OpenAL 3D.

blender game engine aplikasi pembuat game
Blender Game Engine
Sejarah Blender Game Engine
Blender game engine dikembangkan pada tahun 2000 dengan tujuan menciptakan produk komersial yang dapat dirilis ke pasar demi kemudahan pembuatan game dan juga konten interaktif yang mudah digunakan. Dan game yang dihasilkan oleh software game maker ini berjalan baik saat sibatakjalanjalan membuat game di website dengan plug-in khusus.

Unduh/download game engine maker Blender terbaru untuk Windows, macOs, Linux dan versi lengkap untuk PC dan Laptop
download
Dapatkan dokumentasi, tutorial, dukungan komunitas,dukungan layanan, dan atau laporkan kesalahan dan jawab pertanyaan umum seputar game engine maker Blender di halaman Support
check

Dapatkan fitur gratis dari Blender untuk rendering game, modeling, sculpting, animation & rigging, Grease Pencil, VFX, simulasi, pipeline, video editing, script dan interface terbaik untuk mengembangkan game 
check
Baca dokumentasi dari pengembang lain agar pembelajaran membuat game online gratis lebih mudah di halaman Wiki Blender.
Ayo, ikut terlibat dalam pengembangan dan dokumentasi juga pendidikan serta donasi dan sponsor Blender game Engine.
Keterangan tentang Visi dan Misi Blender game engine serta perangkat Organisasi yang terlibat di halaman About.

3. Construct 3

Construct adalah mesin video game 2D dengan basis HTML5 yang dikembangkan oleh badan usaha Scirra Ltd. Aplikasi game engine maker Construct 3 lebih difokuskan kepada pengembang game "no coding game engine" atau membuat game tanpa coding (pemahaman bahasa pemograman khusus secara mendalam) dengan cepat melalui program visual.

game engine construct 3
Construct 3
Construct pertama dirilis sebagai mesin permainan DirectX 9 dengan lisensi GPL pada Microsoft Windows yang dibangun dengan bahasa pemograman Python pada 27 Oktober 2007, kemudian berkembang menjadi Construct 2 yang juga mengalihkan teknologi API dari sebelumnya DirectX ke NW.js dan HTML5 serta menghapus pemograman Python dan menambahkan dukungan JavaScript juga plugin SDK di tahun 2012, dan kini beralih ke model berbasis langganan sebagai aplikasi web yang dapat diakses secara online.

Di Construct 3 teman-teman sibatakjalanjalan dapat mengunggah permainan yang telah dibuat dengan game engine ini ke Game Instan Facebook, Construct Arcade, dan juga diformatkan ke iklan interaktif. Sistem operasi Windows, MacOS dan Linux melalui NW.js, Android dan iOS melalui Cordova, dan Windows Store melalui UWP. Dukungan UWP Construct 3 juga memungkinkan mengekspor ke Xbox One, dan Xbox Series X dan S .

Construct 3 adalah versi utama yang diandalkan dari Construct. Dipublikasi ke pasar game engine pada 27 Januari 2015, adanya fitur terbaru yaitu dukungan Mac dan Linux, dukungan multi-bahasa dan pengembangan editor pihak ketiga dengan menggunakan SDK plugin resmi untuk editor.

Coba Construct 3 secara online dan buat game di website Construct langsung 
check

Atau coba game maker alternative dari Construct 3 tanpa instalasi sehingga mudah, dan cepat digunakan.
Sudah berniat untuk membeli versi full ? Dapatkan Contruct 3 untuk individu, bisnis dan organisasi pendidikan di halaman Buy.
Untuk pertanyaan umum dan masih pemula di game engine Construct 3, ada banyak jawaban untuk masalah kamu di halaman FAQ.

4. Construct Classic

Construct Classic merupakan versi terlawas dari Construct 3 dan hanya bisa mengekspor file menjadi .exe (execute,windows) karena ketergantungan game engine ini pada DirectX.
Sejarah perkembangan dari versi klasik hingga terdapat versi terbaru ketiga saat ini, berawal pada rilis Construct Classic di 27 Oktober 2007 sebagai versi 0.8.

game engine construct classic
Construct Classic
Versi Construct Classic menggunakan pemograman softwaare visual dan skrip program terpisah dengan Python. Sehingga pada 20 April 2013 pengembangan di vesi klasik berhenti dan dilanjutkan dengan versi Construct 2.

Teman-teman dapat mengunduh/download Construct Classic pada versi ke 2 di halaman Download dengan berbagai versi dan dukungan
download
Baca forum pengembangan dengan Construct Classic disini untuk mendapatkan dukungan, bantuan dan addons serta tutorial juga contoh file.

5. GameMaker

GameMaker mendukung pembuatan game dengan cross-platform (dapat berjalan di berbagai platform) dan multi genre video game (banyak versi) dengan hanya menggunakan cara "drag and drop", yang berarti GameMaker dapat membuat game tanpa coding/no coding game engine.

gamemaker studio 2
GameMaker
GameMaker sangat memperhatikan pemula yang baru belajar bagaimana cara membuat game dengan tanpa coding dan keharusan akan pengetahuan bahasa pemograman.

GameMaker memiliki nama awal "Animo" dan dirilis ke pasar global pada tahun 1999 sebagai program untuk membuat animasi khususnya 2D. Nama aplikasi game engine ini menjadi GameMaker diubah untuk menghindari masalah kekayaan intelektual yang terjadi di tahun 1991. Meski menggunakan grafis 2D, GameMaker juga dapat memungkinkan pengguna mengembangkan grafis 3D secara terbatas.

Game yang dibuat dengan aplikasi game engine GameMaker dapat berjalan di sistem Windows, Windows 8, Mac OS X, Ubuntu, HTML5, Android, iOS, Windows Phone 8, Tizen, Xbox Satu, dan Playstation. Dan untuk komputer berbasis Windows diberikan tambahan persyaratan sistem yang sama dengan game yang diproduksi diperlukan dalam rangka untuk mengembangkan permainan bersama-sama dengan koneksi internet broadband.

Coba dan buat game-mu sendiri di GameMaker GRATIS
check
Sudah buat game dan siap dipublikasikan ? Submit game buatanmu dan tampilkan di Showcase untuk dijual-belikan.
Mau beli template game dan engine terbaik dan terbaru ? cek disini, pada halaman MarketPlace.
Ingin belajar lebih jauh, kamu bisa mendapatkan Tutorial Lengkap Pembuatan Game secara GRATIS di halaman Tutorial.
Agar kemampuan membuat game-mu semakin baik dan berkembang, dapatkan Kursus Belajar Membuat Game GRATIS.


Next Post Previous Post