80+ Foto Tapanuli Sekitarnya dan Sejarah Tapanuli

80+ Foto Tapanuli Sekitarnya dan Sejarah Tapanuli

Foto Sejarah Tapanuli Tempo Dulu



Dahulu sebutan Tapanuli merupakan sebutan/panggilan umum dari kebanyakan orang kepada sebuah daerah yang berada dipesisir pantai barat provinsi Sumatera Utara.
 
Kemudian pada masa ekspansi pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1824-1934 . Maka dibentuklah Residen Tapanuli pada tahun 1842 yang sebelumnya merupakan Keresidenan Ajer Bangis dari tahun 1837-1841. Lalu pada tahun 1905, Karesidenan Tapanuli menjadi karesidenan yang berdiri sendiri di bawah Gouvernment Batavia, oleh karena Gouvernment Sumatra’s Weskust diturunkan statusnya menjadi Karesidenan. Kemudian pada tahun1938 seluruh karesidenan di pulau Sumatra berada di bawah Gouvernment Sumatra Einland yang beribukota di Medan

Mungkin inilah sejarah singkat tentang Tapanuli yang bisa penulis SibatakJalanJalan jelaskan bagi teman-teman pembaca sekalian.

Tentu teman-teman pembaca juga pernah mendengar dan sedikit-banyak tahu tentang Muson, Lyman dan tentu Nomensen yang nama mereka kini menjadi nama orang-orang yang berperan dalam sejarah masuknya agama Kristen ke Tanah Batak.

Sebelum lebih jauh melihat dan menikmati artikel SibatakJalanJalan yang merupakan bagian dari campaign SibatakJalanJalan bernama #BatakBerwarna dan #BatakTempoDoloe dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan untuk mengubah citra foto hitam-putih.

SibatakJalanJalan.com rasa sudah cukup untuk sebagai pembuka artikel kita kali ini. Dan jangan lupa untuk berkomentar, subscribe akun instagram-twitter-tumblr-youtube dan halaman Facebook sibatakjalanjalan.com ya teman-teman.

Foto 1, Keluarga Sisingamangaraja 
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1907. Seorang pria dewasa yang berada di barisan belakang dengan tidak memakai topi adalah seorang Letnan Satu ‘Hans Christoffel’ yang disisi kiri dan kanannya adalah pasukan Belanda. Dan kemudian barisan depan yang berdiri, duduk di kursi dan diatas karpet adalah keluarga Ompu i Sisingamangaraja XII . 

Di pasanggrahan (suatu tempat untuk menginap/beristirahat) Siborong-borong. Adapun SibatakJalanJalan.com jelaskan keluarga dari Sisingamangaraja XII yang duduk dibarisan depan adalah sebagai berikut, posisi dari kiri ke kanan :

keluargas sisingamangaraja bersama hans christoffel dan pasukan belanda
    1.      Istri kedua dari Sisingamangaraja XII yaitu adalah ‘Boru Nadeak’ .
    2.      Ibu dari Sisingamangaraja XII yaitu adalah ‘Boru Situmorang’ .
    3.      Kepala selir Sisingamangaraja XII yaitu adalah ‘Boru Sagala’.

4.      Dan seorang pria dewasa berdiri dengan jas putih adalah sepupu Sisingamangaraja XII , ‘Ama Ni Poeloe Batoe/Ama ni Pulu Batu’ .
Pulo Batu/Poeloe Batoe sendiri adalah nama lain dari Sisingamangaraja XII yaitu Ompu Pulo Batu . Sisingamangaraja XII juga memiliki nama lain yaitu adalah Patuan Bosar. Patuan Bosar adalah nama kecil dari Sisingamangaraja XII .
Bagaimana Proses foto hitam-putih menjadi berwarna !

kepala pulo pardopur atau pulau sibandang


Foto 2, Kepala ‘Pulo Pardopur’ 
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1906. Pulau ‘Pardopur’ saat itu dikepalai oleh Ompu Raja Hunsa dan tampak pada foto Ompu Raja Hunsa bersama keluarganya. ‘Pulo Pardopur’ adalah nama asli dari Pulau Sibandang yang saat ini kita kenal, terletak di kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

penenun ulos batak tempo dulu

Foto 3, Penenun Batak 
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1940. Tampak pada foto adalah para penenun Ulos Batak.


metzler seorang missionaris agama kristen


Foto 4, Metzler .
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1873-1961. Metzler adalah seorang Missionaris (penyebar agama/pendakwah) yang berasal dari Herborn, Jerman.

wanita anak-anak dan perempuan inggris dari rhine missions di sipaholon

Foto 5, Wanita, anak-anak dan perempuan Inggris
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1890-1920. Tampak pada foto sekumpulan perempuan, anak-anak dan 2 (dua) orang perempuan Inggris yang berasal dari Rhine Missions di Sipaholon, Tapanuli. Dan daerah Sipaholon kini menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

daerah sekitar sibolga

Foto 6, Daerah sekitar Sibolga
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1930. Pemandangan luas dan bentang alam Sibolga pada masa lampau tampak dari jauh sekitar bibir pantai Sibolga.

kota sibolga dan pantai

Foto 7, Sibolga dan pantai
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1930. Pemandangan daerah Sibolga dengan pemandangan lebih dekat pada rumah penduduk, dengan pemandangan latar belakangnya adalah pantai Sibolga.
perbukitan di sibolga

Foto 8, Sibolga dan perbukitan
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1930. Pemandangan Sibolga dengan bagian perbukitan yang dekat dengan lautan luas. Belum terkonfirmasi lokasi terkini daerah pada foto.

perusahaan karet di tapanuli

Foto 9, Perusahaan karet
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1932. Perusahaan karet telah ada pada masa Keresidenan Tapanuli. Tampak beberapa tempat (ruangan seukuran gudang) sebagai tempat memproses karet.

jalan di perusahaan karet tapanuli

Foto 10, Jalan di perusahaan karet
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1932. Yang tampak pada foto adalah jalan menuju pabrik karet di Keresidenan Tapanuli.

perumahan di pabrik karet


Foto 11, Perumahan di Pabrik karet
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1932. Yang tampak pada foto adalah perumahan yang ada di sekitar pabrik karet.
rumah pekerja perkebunan

Foto 12, Rumah Pekerja
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1932. Yang tampak pada foto adalah rumah para pekerja.

pabrik karet di tapanuli

Foto 13, Pabrik karet 
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1932. Salah satu foto perusahaan/pabrik karet pada masa Keresidenan Tapanuli. Belum teridentifikasi lokasi perusahaan karet tersebut dimana.

benzoin atau haminzon atau kemenyan

Foto 14, 3 (tiga) tipe dari Benzoin
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1940. Benzoin atau pohon Benzoin dimanfaatkan(diambil dengan cara disadap) getahnya. Getah Benzoin sendiri dikenal dalam bahasa daerah suku Bangsa Batak sebagai Haminzon atau Kemenyan dalam bahasa Indonesia.

reboisasi pohon pinus

Foto 15, Reboisasi pohon Pinus
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1940. Reboisasi atau proses menanam kembali hutan yang gundul atau tandus. Adapun tampak pada foto adalah penanaman kembali/reboisasi dengan jenis tanaman pohon pinus di daerah timur Sumatera.

proses reboisasi pohon pinus

Foto 16, Reboisasi pohon Pinus lainnya
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1940. Reboisasi/penanaman kembali pohon pinus, dengan pohon yang mulai berkembang.

rumah pemerintah setempat di mandailing natal

Foto 17, Rumah Pemerintah setempat
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1940. Yang tampak pada foto adalah rumah dari pejabat setempat yang berada di daerah bernama ‘Pakantan’ . Saat ini daerah Pakantan adalah sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Mandailing Natal, SumateraUtara.

gereja sipahutar pertama

Foto 18, Gereja Sipahutar
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1940. Gereja yang tampak pada foto tersebut adalah Gereja di Sipahutar, dimana saat pengambilan foto dilakukan saat jemaat gereja tersebut selesai beribadah. Sipahutar sendiri saat ini adalah bagian dari salah satu kecamatan yang ada di Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

menganyam tikar dan menumbuk beras di mandailing natal

Foto 19, Menganyam tikar dan menumbuk beras
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1940. Proses menganyam tikar dan menumbuk beras yang dilakukan saat pengambilan foto berada di ‘Pakantan’. Saat ini daerah Pakantan adalah sebuah kecamatan yang berada di kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

perusahaan ternak malomboe

Foto 20, Perusahaan Ternak (Peternakan)
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1940. Yang tampak pada foto adalah Perusahaan ternak yang bernama ‘Malomboe’ .

sekelompok pria dan jembatan

Foto 21, Sekelompok Pria dan jembatan 
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1900-1932. Beberapa orang pria sedang berpose saat difoto diatas jembatan besi, lokasi foto berada di salah satu tempat dalam Keresidenan Tapanuli saat itu.

perkebunan kelapa sawit

Foto 22, Perkebunan kelapa sawit
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1906-1940. Foto tersebut diambil dilokasi perkebunan bernama ‘Caoutchouc’ .

kereta kuda dan rumah di namu-ukur

Foto 23, Kereta kuda dan rumah
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1907. Tampak pada foto kereta kuda dan sebuah rumah yang berada di perkebunan ‘Namoe Oekoer’ atau Namu Ukur. Saat ini Namu Ukur telah menjadi daerah yang mandiri dan berada dibawah otonomi daerah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

perkebunan namu ukur dan sungai bekulap

Foto 24, Perkebunan Namu Ukur dan sungai Bekulap .
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1885-1888. Pada foto tampak ladang tembakau dan lumbung milik perkebunan ‘Namu Ukur’ yang berada di dekat sungai Bekulap. Saat ini daerah dalam foto (perkebunan ‘Namu Ukur’) telah menjadi daerah yang mandiri dan berada dibawah otonomi daerah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.


proses perluasan lahan di perusahaan karet anggoli

Foto 25, Proses perluasan lahan 
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1910-1919. Proses perluasan lahan yang dilakukan oleh perusahaan karet bernama ‘Anggoli’ .
jalan ke perkebunan perusahaan anggoli

Foto 26, Jalan Perkebunan Anggoli
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1910-1919. Tampak pada foto adalah jalan menuju perkebunan karet milik perusahaan ‘Anggoli’ Sumatera.

dua orang wanita muda bangsa batak

Foto 27, Dua orang wanita muda
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1910-1920. Tampak pada foto adalah 2 (dua) orang wanita mudah suku bangsa Batak yang sedang menggunakan pakaian upacara adat Batak.

pemandangan alam tapanuli

Foto 28, Pemandangan alam Tapanuli
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1910-1926. Pemandangan alam Tapanuli dan foto-foto pulau yang kita kenal kini sebagai pulau Poncan Ketek dan Poncan Gadang.

wanita batak karo di kabanjahe

Foto 29, Wanita Batak Karo
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1910-1930. Seorang wanita keturunan Batak Karo berdiri di sebuah rumah, yang kini daerah tersebut kita kenal sebagai kecamatan Kabanjahe,kabupaten Karo, Sumatera Utara.

pulau di lepas pantai sibolga

Foto 30, Sebuah pulau
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1910-1930. Sebuah pulau yang berada di teluk Tapanuli.

pemandangan pulau dan laut bagian dari tapanuli

Foto 31, Pemandangan pulau dan laut bagian dari Tapanuli
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1910-1930. Pemandangan alam dan indahnya lautan terbentang luas. Tempat ini dahulu(sampai sekarang) merupakan destinasi wisata di Keresidenan Tapanuli.

ulos ragidup tempo dulu

Foto 32, Ulos Ragidup
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1914-1921. Tampak pada foto adalah salah satu jenis motif kain Ulos bernama Ragidup.

pertemuan parbaringin batak toba

Foto 33, Pertemuan Parbaringin
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1915-1923. Pertemuan Parbaringin Batak Toba dari Limbong membahas mengenai perayaan dan masalah keagamaan. Parbaringin sendiri adalah pendeta pemimpin ritual di bidang pertanian, pemimpin upacara untuk menanam padi, pemimpin upacara untuk meminta hujan disaat kemarau, pemimpin upacara untuk penolak bala bencana dan hama tumbuhan.

pengkotbah dari rhine missions

Foto 34, Pengkotbah dari Rhine Missions
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1915-1935. Tampak pada foto adalah seorang dari suku Batak yang menjadi pengkotbah dari Rhine Missions.

pulau kecil di lautan tapanuli

Foto 35, Pulau di teluk Tapanuli
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1916. Pada foto terlihat sebuah pulau yang berada di teluk Tapanuli. Berada diantara Tapanuli dan Mela, sebuah jalan dari Sibolga menuju Barus, Sumatera Utara.

perempatan kota sibolga

Foto 36, Perempatan Sibolga
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1917. Foto dari dataran tinggi Sibolga, tampak jelas perempatan Sibolga.

perlombaan kuda di siborong borong

Foto 37, Perlombaan kuda Siborong-borong
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1917. Tampak pada foto para peserta lomba lari kuda yang dilakukan di Siborong-borong (dahulu merupakan bagian dari Tapanuli, saat ini Siborong-borong adalah salah satu bagian dari kecamatan di kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara). Hingga saat ini kegiatan perlobaan pacuan kuda ini masih dilakukan pada hari besar, termasuk di dalamnya adalah hari kemerdekaan Indonesia.

piknik para turis di tapanuli

Foto 38, Turis di teluk Tapanuli
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1919. Turis yang asal negaranya belum SibatakJalanJalan.com indetifikasi ini sedang melakukan piknik satu rombongan/grup.

beberapa turis berpose di batu besar di tapanuli

Foto 39, Turis berpose
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1919. Sekelompok turis sedang berpose disebuah batu besar di teluk Tapanuli.

para turis yang berpose di lautan tapanuli

Foto 40, Turis berpose 2
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1919. Sekelompok turis berpose ditempat lain di teluk yang sama, teluk Tapanuli.

beberapa turis dan perahu di laut tapanuli

Foto 41, Beberapa turis dan perahu dayung
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1919. Seorang wanita diangkat oleh beberapa pria menuju perahu dayung. Perahu dayung digunakan sebagai alat transportasi laut untuk menikmati pemandangan di teluk Tapanuli.

pesta perpisahan pejabat belanda di tapanuli

Foto 42, Pesta perpisahan
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1919. Pesta tersebut dilakukan oleh keluarga ‘Lourens’ sebagai acara perpisahan.

rumah asisten dan pekerja dari perkebunan di tapanuli selatan

Foto 43, Rumah Asisten dan Pekerja perkebunan
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1919. Terlihat pada gambar adalah rumah dari Asisten perkebunan dan rumah para buruh dari pulau Jawa di perkebunan karet ‘Sangkoenoer/Sangkunur’, yang kini merupakan bagian dari kelurahan di kabupaten Tapanuli Selatan.

jalan di kampung lumut tapanuli tengah

Foto 44, Jalan di Kampung Lumut
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1919. Dahulu jalan yang terlhat pada foto dikenali sebagai kampung. Namun saat ini jalan daerah ‘Kampung Lumut’ tersebut merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Tapanuli Tengah.

panen jagung di perkebunan karet hevea

Foto 45, Panen jagung di perkebunan karet
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1919. Panen jagung di perkebunan karet muda (Hevea/penghasil lateks) di suatu tempat di bagian Sumatera Timur.

hama ulat di perkebunan di pinangsori tapanuli tengah

Foto 46, Hama ulat di perkebunan
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1919. Foto diambil bertepatan saat hama ulat kelapa sawit menyerang perkebunan kelapa sawit di Tapanuli. Tepatnya di daerah yang kita kenal kini dengan ‘Pinangsori’, yang merupakan salah satu kecamatan di Tapanuli Tengah Sumatera Utara.

pabrik dan rumah perkebunan malomboe di tapanuli

Foto 47, Pabrik dan rumah
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1925. Tampak pada foto pabrik dan rumah pengeringan perkebunan karet ‘Malomboe’ di Tapanuli.

perusahaan karet di tapanuli tengah

Foto 48, Perusahaan karet
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1925. Pemandangan pada foto adalah pabrik karet yang berada di ‘Pinangsori’ bernama ‘Sumatra Caoutchouc Plantation Society’ . Kini, Pinangsori merupakan salah satu bagian dari kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

kapal pemerintah sibolga dan kapal pemerintah nias di lautan sibolga

Foto 49, Dua kapal
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1927. Pertemuan dua kapal dari pihak yang berbeda, kapal ‘HMS ‘Zeven Provincien’ dan kapal dari pemerintah ‘Nias’ atau pulau Nias, di teluk Tapanuli.

kunjungan gubernur jenderal de graeff

Foto 50, Kunjungan Gubernur
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1927. Kunjungan dari Gubernur Jenderal ‘De Graeff’ di tempat kediaman dari ‘H Ch Gooszen’ dimana tampak pada foto juga orang-orang suku ‘Nias’ dengan pakaian prajurit yang berada di depan rumah.

kunjungan gubernur jenderal de graeff

Foto 51, Kunjungan Gubernur
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1927. Kunjungan dari Gubernur Jenderal ‘De Graeff’di tempat kediaman dari ‘H Ch Gooszen’ dimana tampak pada foto juga orang-orang suku ‘Nias’ dengan pakaian prajurit yang berada di depan rumah dengan posisi yang berbeda.

gubernur jenderal de graeff

Foto 52, Gubernur pergi
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1927. Pada foto tampak bahwa Gubernur Jenderal ‘De Graeff’ meninggalkan rumah dari ‘H Ch Gooszen’ . Gubernur Jenderal ‘De Graeff’ tidak diketahui pada saat itu akan pergi ke sebuah acara hiburan di Sibolga yang kita kenal saat ini dengan sebutan “Pasar Malam”, belum terkonfirmasi bahwa foto diambil sesudah atau sebelum Gubernur mengunjungi “Pasar Malam” tersebut.

pohon pohon di hutan dairi

Foto 53, Pohon di Dairi
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1930. Pohon ini sedikit unik daripada pohon yang kita ketahui pada umumnya, bahwa pohon ini memiliki akar panggung atau berada diatas tanah. Kala itu ‘Dairi’ merupakan wilayah Tapanuli, dan kini Dairi’ merupakan sebuah Kabupaten di Sumatera Utara yang sangat terkenal dengan kekhasan produksi dan tanaman kopinya.

pembuatan jalan utama dairi

Foto 54, Jalan utama Dairi
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1931. Pada foto tampak dilakukan konstruksi jalan yang akan menjadi akses jalan utama ‘Dairi’ kala itu. Dan pada foto tampak pejabat Belanda yang berwenang dan penduduk setempat. Dan kini Dairi merupakan sebuah Kabupaten di Sumatera Utara yang sangat terkenal dengan kekhasan produksi dan tanaman kopinya.

hutan hujan tapanuli di dairi

Foto 55, Hutan hujan Tapanuli (Dairi)
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1931. Daerah Tapanuli yang dahulu juga mencakup Kabupaten Dairi kini merupaka wilayah yang sangat kaya akan alamnya. Juga termasuk ke dalam jenis hutan hujan yang subur.

bonandolok tapanuli di jalan lintas tarutung dan sibolga

Foto 56, Bonandolok Tapanuli
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1932. Bonandolok berada di Kecamatan Sitahuis, Tapanuli Tengah saat ini. Merupakan jalur yang dapat anda lintasi saat hendak menuju Sibolga atau sebaliknya menuju Tarutung.

pemandangan kota sibolga dan laut

Foto 57, Sibolga dan laut
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1932. Tampak pada foto kota Sibolga dan laut juga pulau Poncan Ketek dan Poncan Gadang.

karet crepe di tapanuli selatan

Foto 58, Karet Crepe
Deskripsi : Foto ini diambil pada tahun 1936. Pada foto yang tampak adalah pengeringan Karet Crepe. Karet Crepe sendiri adalah salah satu jenis pengolahan karet konvensional. Dan lokasi foto tersebut berada di desa ‘Batang Toru’. Kini ‘Batang Toru’ merupakan sebuah Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

paket paket karet di sibolga

Foto 59, Paket karet
Deskripsi : Foto ini diambil sekitar tahun 1936. Pada foto tampak proses pengiriman karet dengan transportasi laut memakai kapal laut dari Sibolga.

proses membuat lahan karet

Foto 60, Proses pengolahan
Deskripsi : Foto ini diambil dengan tahun yang belum teridentifikasi. Tampak pada foto adalah lahan yang mulai diolah dan ditanami karet oleh perusahaan ‘Anggoli’ .

gudang getah tapanuli di sibolga

Foto 61, Gudang getah
Deskripsi : Foto ini diambil dengan tahun yang belum teridentifikasi. Tampak pada foto proses memasukkan dan mengeluarkan getah dari gudang getah bernama ‘Tapanoeli Plantervereniging’ .

perkebunan karet tapanuli tempo dulu

Foto 62, Perkebunan karet
Deskripsi : Foto ini diambil dengan tahun yang belum teridentifikasi. Perkebunan karet, perusahaan karet ‘Tapanoeli’.

pendistribusian karet di sibolga tempo dulu

Foto 63, Pendistribusian karet
Deskripsi : Foto ini diambil dengan tahun yang belum teridentifikasi. Pendistribusian kotak-kotak yang belum teridentifikasi isinya melalui jalur kereta api khusus dari gudang karet menuju lingkungan Tapanuli, Sibolga.

panen padi di bonan dolok tapanuli tengah

Foto 64, Panen padi
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Panen padi yang dilakukan pada foto tersebut berada di daerah ‘Bonandolok’ . Bonandolok kini merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Sitahuis, Tapanuli Tengah.

sekolah di tapanuli tempo dulu

Foto 65, Sekolah di Tapanuli
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Foto lokasi sekolah belum teridentifikasi sampai saat ini, hanya dijelaskan bahwa sekolah tersebut berada di Tapanuli.

pengantin di mandailing natal tempo dulu

Foto 66, Pengantin
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Dalam foto tersebut dapat teman-teman SibatakJalanJalan.com lihat adalah sepasang pengantin dengan pakaian mirip adat pernikahan Mandailing Natal. Dan saat ini daerah Mandailing Natal adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara.

acara kunjungan pejabat belanda di daerah tapanuli tempo dulu

Foto 67, Kunjungan pejabat setempat
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Dalam foto tersebut dikenali sebagai pejabat setempat yang sedang melakukan touring/kunjungan ke daerah-daerah kecil setempat di Tapanuli.

jalan perumahan di sibolga tempo dulu

Foto 68, Jalan perumahan
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Dalam foto tersebut tampak jalan dari salah satu daerah perumahan di Sibolga, Tapanuli.

tempat perlindungan orang kusta hutasalem

Foto 69, Tempat perlindungan orang kusta Hutasalem.
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Tampak pada foto adalah seorang yang kemungkinan adalah orang Belanda sedang mengunjungi sebuah tempat bernama ‘Hutasalem’ , hingga kini ‘Hutasalem’ masih menjadi tempat perlindungan bagi orang-orang kusta. Teman-teman SibatakJalanJalan.com dapat mengunjungi ‘Hutasalem’ di Jalan Sintong Marnipi, Lagu Boti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Kode pos : 22381 .

jembatan batang toru tempo dulu

Foto 70, Jembatan Batang Toru
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum terindentifikasi. Tampak pada foto pembangunan jembatan Batang Toru sebagai penyambung akses jalan menuju Padang Sidempuan.

foto sekelompok pemuda batak bekerja bersama

Foto 71, Pemuda Batak
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Sekumpulan pemuda suku Batak sedang bekerja membangun sesuatu.

jalan umum kota sibolga tempo dulu

Foto 72, Jalan umum
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Salah satu jalan umum zaman dahulu di kota Sibolga.

pasar sibuhuan padang lawas tempo dulu

Foto 73, Pasar Sibuhuan
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Tampak keramaian pasar ‘Sibuhuan’ . Pasar Sibuhuan sendiri kini secara administratif berada di wilayah Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

acara makan bersama di rumah sakit batang toru tempo dulu

Foto 74, Ruang makan terbuka
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Pada foto tampak beberapa orang sedang berjejer dengan posisi duduk dan meja dihadapannya dapat teman-teman SibatakJalanJalan.com lihat terdapat makanan. Lokasi foto ini dikonfirmasi sebagai tempat bernama ‘Rumah Sakit Pusat Perusahaan’/Central Hospital of the Company di Batang Toru.

guru agama kristen tempo dulu di tanah batak

Foto 75, Guru Agama Kristen
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Kedua orang dalam foto tersebut adalah guru-guru agama Kristen yang merupakan ras keturunan suku bangsa Batak.

keluarga batak toba beragama kristen awal tempo dulu

Foto 76, Keluarga Batak Toba beragama Kristen
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Foto tersebut adalah foto dari sebuah keluarga yang telah menerima agama Kristen sebagai agama kepercayaanya, dan mereka adalah keturunan suku Batak puak Toba.


foto keluarga batak toba tempo dulu

Foto 77, Keluarga Batak Toba
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Foto sebuah keluarga suku Batak puak Toba dimana bersama dengan mereka tampak rumah mereka dalam foto.

lumbung padi di si heneng mandailing natal tempo dulu

Foto 78, Lumbung padi
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Lumbung padi tersebut berlokasi di daerah bernama ‘Si Heneng’ , dimana dalam penjelasan dokumen foto tersebut bahwa ‘Si Heneng’ berada di jalan antara Padang Sidempuan menuju Muara Sipongi (salah satu kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal kini).

ladang di tanah karo tempo dulu

Foto 79, Ladang di tanah Karo .
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Tampak dalam foto adalah ladang padi/persawahan yang berada di tanah Karo.

sawah gunung dan danau toba di tangga batu kabupaten toba samosir

Foto 80, Sawah-Gunung-dan-Danau
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Yang tampak pada foto adalah sawah yang berada di ‘Tangga Batu’ (saat ini merupakan salah satu desa di kecamatan Pamaksian, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara) dan ‘Dolok Tolong’ atau Gunung Dolok Tolong .

penjual sabun tempo dulu kabupaten padang lawas provinsi sumatera utara

Foto 81, Penjual sabun
Deskripsi : Foto ini diambil dengan waktu yang belum teridentifikasi. Penjual sabun tersebut berada di pasar Sibuhuan. Pasar Sibuhuan sendiri kini secara administratif berada di wilayah Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

Demikian Artikel SibatakJalanJalan.com 
Terus dukung penulis dan pengembang web SibatakJalanJalan dengan cara SHARE/BERBAGI dan SUBSCRIBE/BERLANGGANAN untuk terus mendapatkan pemberitahuan terbaru mengeani artikel SibatakJalanJalan.com .

Sekian.

HORASSS...!!!


Posting Komentar

0 Komentar