Cara Menjadi Tour Guide di Indonesia dan Tour Guide Luar Negeri

Definisi Tour Guide atau Pemandu wisata di Indonesia


Dirangkum dari Peraturan Menparpostel RI , penulis SibatakJalanJalan ketahui bahwa seseorang Tour Guide bertugas memberikan bimbingan, penjelasan dan petunjuk tentang objek wisata serta membantu keperluan wisatawan lainnya. 

(En 13809 of europen committee for standardisation (CEN) adopted by WFTGA at its dunblane scottland convention 2003) is a person who guide visitor in the language of their choice and interprets the cultural and natural heritage of an area which person normally possesses an area-specific qualification usually issued and /or recognized by the appropriate authority.

cara menjadi tour guide di indonesia dan tour guide luar negeri


Definisi Pemandu wisata (Tour Guide) secara umum 

Untuk definisi tour guide secara umum yang penulis www.sibatakjalanjalan.com ketahui bahwa secara umum tour guide adalah duta bangsa atau setidaknya duta daerah tempat melakukan tugasnya. 

Semua yang diekspresikan oleh pramuwisata/tour guide dianggap oleh wisatawan sebagai cerminan karakter masyarakat setempat, dengan demikian pula maka apapun yang kemudian telah dan akan disampaikan oleh pramuwisata/tour guide yang bersangkutan akan menjadi suatu kepercayaan atau dapat dipercaya oleh wisatawan yang telah berkunjung sebagai pengetahuan yang akan selalu diingat hingga jika kembali lagi ke tempat orang tersebut berada sebelum perjalanan/rumah.


6 Cara menjadi Tour Guide atau Pramuwisata professional dan penting diketahui :

    1. Berpenampilan Menarik
    2. Harus Memiliki Sertifikat sebagai Guide yang terdaftar/diakui.
    3. Mampu berkomunikasi dengan baik dan benar (Multi Language/Bilingual)
    4. Memiliki Wawasan yang cukup dibidang pariwisata (Lokal, Nasional)
    5. Menguasai pengetahuan mengenai objek dan daya tarik wisata
    6. Sehat Jasmani dan Rohani


5 Tugas Tour Guide atau Pramuwisata yang penting untuk diketahui :

    1. Membantu menguruskan barang bawaan wisatawan
    2. Memberi penjelasan tentang rencana perjalanan dan objek wisata serta dokumen perjalanan, akomodasi, transportasi, fasilitas
    3. Memberikan pertolongan kepada wisatawan yang sakit, kecelakaan, kehilangan, mendapat musibah, dll
    4. Memberikan petunjuk tentang objek wisata
    5. Mengantar wisatawan (rombongan/ individu) yang mengadakan perjalanan wisata

5 kode etik tour guide indonesia atau pramuwisata di indonesia

5 Kode etik Tour Guide Indonesia atau Pramuwisata di Indonesia

Kode etik Pramuwisata Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Musyawarah Nasional I Himpunan Pramuwisata Indonesia dengan Keputusan Nomor 07/MUNAS.I/X/1988, meliputi hal-hal sebagai berikut :

    1. Pramuwisata/Tour Guide harus mampu menciptakan kesan penilaian yang baik atas daerah, negara bangsa, dan kebudayaan

    2. Pramuwisata/Tour Guide dalam menjalankan tugasnya harus mampu menguasai diri, senang, segar, rapi, bersih serta berpenampilan yang simpatik (menghindari bau badan, perhiasan, dan parfum yang berlebihan) 

    3. Pramuwisata/Tour Guide harus mampu menciptakan suasana gembira dan sopan menurut kepribadian Indonesia

    4. Pramuwisata/Tour Guide harus mampu memberikan pelayanan dan perlakuan yang sama kepada wisatawan dengan tidak meminta tip, tidak menjajakan barang dan tidak meminta komisi

    5. Pramuwisata/Tour Guide mampu memahami latar belakang asal usul wisatawan serta mengupayakan untuk meyakinkan wisatawan agar mematuhi hukum, peraturan, adat kebiasaan yang berlaku dan ikut melestarikan objek

4 Tugas Tour Guide atau Pemandu wisata berdasarkan lingkup kerjanya :

    1. Driver Guide : Driver guide adalah pengemudi yang sekaligus berperan sebagai Pramuwisata/Tour Guide. Driver guide bertugas mengantarkan wisatawan ke objek atau atraksi wisata yang dikehendaki sekaligus memberikan informasi yang diperlukan. Jadi, pada dasarnya driver guide menjalankan dua fungsi, yakni sebagai pengemudi dan pramuwisata/tour guide.

    2. Local /Expert Guide : Local guide adalah pramuwisata/tour guide yang kegiatannya khusus memandu wisatawan pada suatu objek atau transaksi wisata tertentu, misalnya museum, wisata agro, river rafting, goa, gedung bersejarah, dan lain-lain.

    3. Transfer Guide : Transfer guide adalah pramuwisata/tour guide yang kegiatannya menjemput wisatawan di bandara, pelabuhan laut, stasiun atau terminal menuju ke hotel atau sebaliknya atau mengantar wisatawan dari satu hotel ke hotel lainnya
    4. Walking Guide / Tour Guide : Walking guide adalah pramuwisata/tour guide yang kegiatannya memandu wisatawan dalam suatu tour

tugas tour guide berdasarkan lingkup kerjanya

Tugas Tour Guide atau Pemandu berdasarkan status kerjanya :

    1. Company Guide : karyawan sebuah perusahaan yang bertugas memberikan penjelasan kepada tamu tentang aktivitas atau objek perusahaan.

    2. Government Officials : Pegawai pemerintah yang bertugas untuk memberikan informasi kepada tamu tentang suatu aktivitas, objek, gedung, atau suatu wilayah tertentu.

    3. Member of Guide Association : Pramuwisata/Tour Guide yang berstatus sebagai peserta dari suatu asosiasi pramuwisata/tour guide dan melakukan kegiatannya sesuai dengan tugas yang diberikan oleh asosiasi tersebut.

    4. Part Timer/Freelance Guide : Pramuwisata/Tour Guide yang bekerja pada suatu perusahaan perjalanan untuk kegiatan tertentu dan dibayar untuk tiap pekerjaan yang dilakukan.

    5. Payroll Guide : Pramuwisata/Tour Guide yang berstatus sebagai pegawai tetap perusahaan perjalanan

Biro perjalanan wisata atau Agen Perjalanan Wisata (Travel Agent/Tour And Travel)

Biro perjalanan Wisata atau Agen Perjalanan Wisata dalam bahasa Inggrisnya yaitu Travel Agent atau Tour And Travel adalah kegiatan usaha yang bersifat komersial yang mengatur, dan menyediakan pelayanan bagi seseorang, sekelompok  orang, untuk melakukan perjalanan dengan tujuan utama berwisata. 


7 Contoh Tugas Travel Agent :

    1. Travel Agent harus mampu melayani pemesanan akomodasi, restaurant dan sarana wisata lainnya.

    2. Travel Agent harus mampu melayani penyelenggaraan konvensi, seminar, meeting, loka karya.

    3. Travel Agent harus mampu membuat, menjual dan menyelenggarakan paket wisata.

    4. Travel Agent harus mampu mengurus dokumen perjalanan

    5. Travel Agent harus mampu mengurus jasa angkutan perorangan atau kelompok yang di urusnya.

    6. Travel Agent harus mampu menyelenggarakan panduan perjalanan perjalanan wisata.

    7. MICE (Meeting Incentive Conference & Exibition)

Biro Perjalanan wisata atau Agen perjalanan wisata (Travel Agent/Tour and Travel)

Biro perjalanan wisata adalah kegiatan usaha perjalanan yang bertindak sebagai perantara dalam menjual atau mengurus jasa untuk melakukan perjalanan. 

Perwakilan adalah Biro perjalanan umum, agen perjalanan, badan usaha lainnya atau perorangan, yang di tunjuk oleh suatu biro perjalanan umum yang berkedudukan di wilayah lain untuk melakukan kegiatan yang diwakilkan, baik secara tetap maupun sementara.

Biro Perjalanan Wisata (BPW) dan Asosiasi Perjalanan Wisata (APW) berada dibawah naungan ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies).

Tour operator dan tugas Tour Operator

Adalah suatu perusahaan yang usaha kegiatannya merencanakan dan menyelenggarakan perjalanan untuk tujuan pariwisata atas inisiatif dan risiko sendiri dengan tujuan mengambil keuntungan dari kegiatan tersebut.

Tour leader dan tugas Tour Leader

Seseorang yang bertugas untuk memandu, mendampingi, memimpin, mengayomi perjalanan wisata sebuah grup/sekelompok orang yang melakukan perjalanan wisata dan membuat estimasi biaya perjalanan. 

Telekomunikasi

Informasi Teknologi (IT networking) tersedianya fasilitas komunikasi yang canggih (Cyber Technology) sehingga memungkinkan wisatawan masih dapat melakukan aktivitas pribadinya (bisnis, pendidikan, keluarga dll.) melalui internet, gadget: web, WA, Facebook, Instagram, Line dan sebagainya.

Money changer

Money changer adalah merupakan salah satu fasilitas yang cukup penting bagi wsatawan yang datang dari Negara lain yang memiliki dana / uang pembayaran yang berbeda dan dapat ditukarkan melalui agent ini.

Souvenir shop

Toko cinderamata/Souvenir Shop merupakan usaha komersial yang sangat mendukung keberadaan obyek wisata dengan menyediakan kebutuhan barang bawaan (oleh-oleh) bagi wisatawan sebagai kenangan cinderamata dari daerah yangtelah mereka datangi, berupa barang souvenir. 

Souvenir adalah berbagai macam barang produk kemasan yang dapat dijual kepada wisatawan sebagai barang bawaan atau souvenir untuk kenangan atau oleh-oleh bagi keluarga dan temannya yang dapat berupa barang seni, ukiran, kain, selendang, baju, kaos, topi, magnet, yang merupakan produk khas daerah.

Spa

seringkali dianggap sebagai tempat perawatan tubuh berupa pijat atau massage. Padahal pengertian spa sebenarnya adalah tempat dimana orang dapat memperoleh perawatan badan, dari ujung rambut sampai ujung kaki sekaligus mengembalikan kesegaran tubuh setelah berada di posisi yang menegangkan. 

Perawatan spa terdiri dari creambath, facial, manicure-pedicure, lulur, scrub, foot spa, dan body treatment. Aromatherapy-massage merupakan elemen penting dalam memberikan relaksasi. Dengan menggunakan campuran minyak khusus yang  juga bermanfaat untuk refreshing, penghangatan, melegakan pernafasan dan penenangan diri. 

Kini spa merupakan paket lengkap dari aroma dan suasana yang menenangkan, pelayanan ramah serta pemandangan yang menyejukan jiwa.

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads