Perbedaan Visa dan Paspor dan Cara Mengajukan dokumen Visa Liburan ke Luar Negeri

Visa dan Cara Membuat Visa


Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Layanan Keimigrasian Indonesia yang beralamat di Indonesia.go.id, Visa merupakan suatu dokumen yang menjadi alat bukti diijinkannya seseorang untuk memasuki suatu Negara (luar negeri).

perbedaan visa dan paspor dan cara mengajukan dokumen visa liburan ke luar negeri


Lalu “apa yang membedakan visa dengan paspor ?” 

Paspor merupakan suatu dokumen yang dikeluarkan oleh Negara asal pemohon, sedangkan Visa dikeluarkan oleh Negara tujuan yang didatangi oleh pemohon.

Visa Online

Visa Online atau dikenal sebagai eVisa merupakan dokumen yang memiliki kemampuan layaknya dokumen yang memiliki wujud fisik sebagai alat bukti bahwa diijinkannya seseorang untuk memasuki suatu Negara namun hanya saja pembuatan eVisa atau Visa Online dengan menggunakan bukti tanpa fisik. Contohnya dokumen ini memiliki hasil akhir yang dikirim melalui email berupa soft file.

Informasi yang ada di Visa

Sebelum teman-teman sibatakjalanjalan merencanakan akan membuat visa baik secara online maupun langsung ke Kantor Pelayanan Keimigrasian, ada baiknya teman-teman menyimak beberapa hal yang harus dimiliki sebuah dokumen bernama visa.

contoh dokumen visa dan atau passport


1. Biodata

Biodata tentu menjadi hal yang fundamental, adapun informasi yang harus teman-teman berikan berupa : nama, tanggal lahir, jenis kelamin, kebangsaan, wilayah yang menerbitkan, nomor paspor dan keterangan tambahan. Silahkan teman-teman cek agar sesuai demi melancarkan perjalanan kunjungan ke luar negeri nantinya.

2. Jenis Visa

Sebenarnya ada banyak jenis visa yang ada di dunia, namun sibatakjalanjalan akan mencoba memberikan informasi dari jenis visa yang umum saja, yaitu :
  1. Visa kunjungan keluarga sementara
  2. Visa kunjungan teman
  3. Visa kunjungan wisata
  4. Visa kunjungan bisnis
  5. Visa kunjungan bisnis dan wisata
  6. Visa kunjungan untuk kebutuhan khusus seperti pelatihan,bekerja dan belajar
  7. Visa kunjungan transit
  8. Visa kunjungan diplomatic/perjalanan dinas/tugas negara

3. Negara Tujuan

Saat teman-teman membuat visa, nama Negara tujuan akan terpampang jelas pada halaman awal-awal daripada dokumen visa teman-teman nantinya. Yang berarti 1 visa untuk 1 negara. Namun hal ini kemudian menjadi dipermudah dengan kehadiran daripada Visa Schengen, yaitu visa yang dikhususkan kepada teman-teman yang ingin bebas melancong ke eropa dengan hanya menggunakan 1 visa saja.

4. Single atau Multiple Entry dan juga Masa Berlaku

Perbedaan antara visa single entry dan multiple entry adalah bahwa teman-teman sibatakjalanjalan membuat Single Entry, visa tersebut hanya akan berlaku satu kali saja saat teman-teman akan mengunjungi satu Negara, dan apabila teman-teman kembali ke Negara asal, maka visa single entry tidak dapat digunakan lagi ke Negara yang sebelumnya teman-teman kunjungi, meski masa berlakunya belum habis. Dan untuk dapat mengunjunginya lagi, maka teman-teman harus membuat visa Single Entry atau sekaligus Multiple Entry. 

Dan Multiple Entry adalah visa yang dapat teman-teman gunakan untuk keluar masuk suatu Negara tanpa harus mengulang pembuatan visa seperti halnya single entry. Visa Multiple Entry berlaku sampai masa berlakunya habis.

Cara Lengkap Membuat Visa

Sibatakjalanjalan akan menjelaskan langkah-langkah yang akan teman-teman lakukan untuk mengurus visa, namun penting untuk penulis ingatkan bahwa peraturan dan ketentuan tersebut bisa saja berubah dan memiliki tambahan atau kekurangan pada langkah-langkah tertentu, silahkan teman-teman kembali konfirmasikan langkah terbaiknya pada saat bertemu dengan petugas yang berwenang.

contoh dokumen passport luar negeri


1. Pendaftaran dan melakukan Reservasi Jadwal Wawancara untuk Dokumen

Tidak semua Negara mewajibkan teman-teman untuk melakukan wawancara untuk mengurus visa, namun Negara-negara besar seperti Amerika Serikat mengharuskan teman-teman melakukan ini, dan begitu pula dengan ketentuan adanya pembayaran, meski tidak semua Negara namun hal tersebut mungkin bisa menjadi persiapan jika terjadinya perubahan peraturan. Dan informasi mengenai hal ini dapat teman-teman cek sebelum perencanaan pembuatan visa di website KEDUBES Negara tujuan.

2. Negara tujuan

Adapun beberapa dokumen yang harus teman-teman persiapkan adalah sebagai berikut :
  1. Paspor dan fotokopi
  2. KTP dan fotokopi
  3. Formulir Permohonan
  4. Foto diri
  5. Bukti Pembayaran Visa
  6. Surat Keterangan Sponsor
  7. Surat Keterangan Kerja/Belajar
  8. Dokumen keuangan (slip gaji/rekening Koran/tabungan) dan fotokopi
  9. Jadwal Perjalanan 
  10. Surat Keterangan Kesehatan

3. Menyerahkan Dokumen dan Wawancara

Setelah teman-teman telah selesai mempersiapkan seluruh dokumen, nantinya akan ditujukan petugas agar mengunjungi kantor KEDUBES terkait untuk wawancara, namun hal ini tidak selalu harus dilakukan.

4. Proses Pengambilan

Untuk waktu pengambilan visa pada umumnya paling cepat 4 hari kerja, dan nantinya teman-teman akan diberitahu melalui email atau sms untuk melakukan proses pengambilan visa di tempat terkait.

Mengurus Visa lewat Agent Travel

Sebenarnya dokumen dan persyaratan visa nantinya hampir sama seperti yang telah sibatakjalanjalan jelaskan, dan mungkin hanya beberapa langkah saja yang berkurang karena telah diurus oleh agent travel terkait. Silahkan konfirmasi dan bicarakan keperluan dan kebutuhan teman-teman ke pihak agent travel yang teman-teman sibatakjalanjalan percayakan.

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads