Review mobil Toyota Calya Kelebihan dan Kekurangan

Toyota Calya


Toyota Calya merupakan jenis mobil MPV keluaran pabrik manufakturing Toyota. Selama beberapa dekade ini, pabrikan Toyota memang selalu menjadi idaman penduduk Indonesia mengingat ragam jenis dan produk yang sesuai dengan kondisi masyarakat. Sebut saja yang paling berjaya dan identik dengan brand Toyota, yaitu Toyota Avanza dan Innova, menjadi primadona dan sangat mudah ditemukan dijalan-jalan ibukota hingga kecamatan di negara ini.


Dan dengan banyaknya request yang masuk ke situs sibatakjalanjalan, kali ini penulis akan membahas mengenai produk mobil Toyota Calya baik dari sudut kelebihan dan kekurangannya. Analisa sibatakjalanjalan boleh benar untuk dijadikan referensi dan jika menurut teman-teman masih perlu ditambahkan, silahkan berkomentar pada kolom yang disediakan, kami akan sangat mengapresiasi pendapat teman-teman sekalian.

pameran toyota calya

Sebelum jauh membahas mengenai Toyota Calya, ada baiknya kita membahas kulit luarnya terlebih dahulu.

Mobil Toyota Calya memiliki rentang harga jual pasaran di kisaran angka Rp 146,2 juta untuk versi E dan Rp 150an juta untuk G , dimensi mobil ramah bahan bakar ini sendiri memiliki ukuran 4.070 mm (P) x 1.655 mm (L) dan x 1.600 mm (T) .
Dengan kapasitas mesin 1.2L ditiap versi baik Toyota Calya E MT, Toyota Calya G MT dan Toyota Calya G AT adalah sama, ukurannya pun sama.
Torsi maksimal Toyota Calya ada di 108 (Nm) dan Tenaga maksimumnya berada pada 88 (PS/HP).


Dengan ukuran yang sama di tiap versinya, pada umumnya Toyota Calya dapat menampung 7 penumpang sekaligus, dan inilah yang menjadi alasan kenapa Toyota Calya menjadi salah satu rekomendasi mobil keluarga di tahun 2021, ditambah dengan konsumsi BBMnya yang irit sehingga alasan yang sangat masuk akan membuat brand dari Toyota Calya dikenal pada masyarakat umum.

toyota calya putih

Kelebihan Toyota Calya 

1. Kapasitas penumpang yang luas

Menganggkut banyak orang berarti mobil ini cukup akan bermanfaat bagi kalangan pengguna berkeluarga, dan didukung memang karakter orang Indonesia sangat kental jika sedang berkunjung atau berpergian akan bersama-sama dengan sanak-saudara dan keluarga.


2. Luas

Dibanding dengan kompetitor sekelasnya yaitu keluaran brand Datsun, Toyota Calya akan lebih luas dari pesaing-pesaing mobil tersebut.

Baik dari sisi dimensi dan ukuran yang membuat pembeli menjatuhkan pilihan pada Toyota Calya .

3. Fitur Modern

Seiring kemajuan zaman maka peralatan yang digunakan hingga pendukung pada kendaraan akan juga perlu memiliki fitur kemajuan agar tidak ketinggalan zaman, sebut saja fitur-fitur yang dimiliki Toyota Calya seperti airbag, rem cakram depan, kursi ISOFIX, Side Impact Beam, kunci Immobilizer dan 7 buah sabuk pengaman untuk seluruh penumpang.

4. Praktis

Toyota Calya yang luas memiliki kursi yang cukup praktis pada bagian belakang, sehingga keleluasaan ini membuat Toyota Calya akan dapat mengangkut banyak barang dan sangat mendukung bagi kendaraan teman-teman yang mungkin bukan berkeluarga, namun sedang membawa produk-produk usaha.

5. Irit

Seperti yang sibatakjalanjalan bahas diawal, konsumsi pada Toyota Calya memang terbilang cukup irit, sehingga tidak menguras kantong begitu dalam. Untuk perbandingannya Toyota Calya menggunakan 1:14 km/liter pada konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak). Dan meskipun irit, sibatakjalanjalan menyarankan teman-teman menggunakan bahan bakar dengan minimal oktan 92.


Kekurangan Toyota Calya 

tempat duduk depan supir toyota calya

1. Irit jadi Lemot

Meskipun terbilang irit dan konsumsi bahan bakar yang sedikit, mobil ini akan lebih lemot/lelet dikelasnya. Hal tersebut juga berlaku meski sibatakjalanjalan sudah menginjak gas dalam-dalam, mobil ini tidak mampu melesat dengan pesat. Sangat terasa pada putaran bawah hingga sampai pada putaran atas dan disinilah baru merasakan tenaga dari Toyota Calya .

Sibatakjalanjalan sangat tidak menyarankan untuk digunakan touring antar kota, provinsi dan pulau.


2. Sempit SIH

Meski terbilang luas namun dari sisi belakang kursi penumpang baris ketiga, tempat duduk pada mobil ini tidak cocok untuk orang dewasa, lebih disarankan untuk anak-anak. Baik dari ruang kepala dan tempat duduk.

3. Pendingin udara

Toyota Calya hanya mengandalkan Air Circulator yang cara kerjanya menyedot hembusan AC dari depan lewat lubang di atas kemudi kemudian dikirimkan ke belakang lewat luang yang ada di atas baris kedua.

pendingin udara toyota calya air circulator
Sederhananya, sibatakjalanjalan berikan gambaran bahwa Air Circulator ini bukan double blower, melainkan kipas dengan fungsi mengirimkan angin AC sampai ke belakang.

Dan ini akan menjadi masalah bagi teman-teman yang menggunakan mobil Toyota Calya untuk melakukan perjalanan jauh dimana terik matahari akan menjadi tantangan sendiri dalam mobil.


4. Interior seadanya

Memang fitur yang ditawarkan cukup modern, namun pada fitur-fitur tersebut hanya seadanya dan tidak begitu banyak tambahan pada interior Toyota Calya .

Sekian pembahasan sibatakjalanjalan tentang Toyota Calya semoga menambah wawasan dan referensi untuk memilih Toyota Calya sebagai mobil keluarga di tahun 2021.

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads