Perbedaan Asuransi Kendaraan All Risk dan TLO (Total Loss Only)

Asuransi All Risk dan TLO


Asuransi pada kendaraan diharapkan dapat menjadi perlindungan penjamin kenyamanan dalam memiliki kendaraan jangka panjang. Namun terdapat beberapa perbedaan mendasar mengenai asuransi All Risk dan TLO. Terutama dilihat dari manfaat, kegunaaan dan biaya premi yang ditangguhkan.

Apakah harus memiliki salah satu atau keduanya dari asuransi All Risk dan TLO ? Atau dapatkah pengguna melakukan kombinasi ?


Pertanyaan mengenai pilihan asuransi All Risk dan TLO tersebut sering ditanyakan, terutama bagi teman-teman sibatakjalanjalan yang baru masuk dalam ranah rencana investasi mobil jangka panjang.

mengendarai mobil

Teman-teman dapat menggunakan salah satu dari All Risk dan TLO, namun sangat akan lebih baik melihat asuransi mobil ini dari segi manfaat dan cover apa saja. Dan jika ingin menggunakan keduanya pun tidak salah, namun biaya premi bulanan/tahunan akan lebih besar daripada manfaat yang akan teman-teman dapatkan.

Contohnya saja saat sibatakjalanjalan memiliki mobil city car LCGC dijalanan perkotaan dengan jumlah kendaraan yang cukup banyak. Kemungkinan terjadinya kerugian akibat kecelakaan dari kendaraan lain akan sangat memungkinkan. Seperti terjadinya goresan, dan asuransi yang sesuai untuk kejadian ini adalah asuransi All Risk, sedangkan asuransi TLO akan sibatakjalanjalan gunakan pada kendaraan transportasi luar kota untuk pengangkutan barang, baik karena medan jalan yang hancur atau kemungkinan kehilangan yang terjadi akibat kejahatan pencurian atau minimal kerusakan diatas 75% dari kendaraan, maka asuransi TLO sangat berguna meng-cover hal ini.

Lalu apa bedanya asuransi TLO dan All Risk secara umum ?

Berikut akan sibatakjalanjalan bagikan, sehingga teman-teman sibatakjalanjalan tidak bingung memilih asuransi mobil All Risk atau TLO.


Perbedaan Asuransi All Risk dan TLO (Total Lost Only)


Pada asuransi mobil All Risk menanggung segala jenis kerusakan kecil hingga total, dan sangat cocok digunakan pada kendaraan roda empat yang tergolong mobil keluarga dan city car lcgc, dan mobil baru yang memiliki anggaran lebih. Contoh kerusakannya/kerugian yang dapat di-cover asuransi All Risk adalah penyok pada kendaraan, baret pada mobil, pencurian dan terperosok saat berkendara, dsb.

Sedangkan pada asuransi TLO, perbedaanya dari asuransi All Risk adalah bahwa asuransi mobil TLO menanggung resiko rusak total atau nilai kendaraan yang mencapai lebih dari 75% atau lebih dari kendaraan tersebut. Asuransi TLO sangat cocok kepada teman-teman sibatakjalanjalan yang memiliki anggaran terbatas dan berdomisili pada area wilayah dengan kerawanan pencurian dan bencana alam seperti banjir,dll.

mobil terbalik

Contoh kerusakan/kerugian yang dapat di-cover oleh asuransi TLO ini yaitu kerugian yang terjadi akibat pencurian kendaraan, terperosok di jalanan, kendaraan terendam banjir sehingga tidak dapat lagi digunakan, dsb.


Dapatkah asuransi All Risk dan TLO dikombinasikan ?

Asuransi All Risk dan TLO dapat dikombinasikan dengan contoh misalnya teman-teman sibatakjalanjalan sedang membeli mobil baru, pada umumnya asuransi All Risk dan TLO sudah langsung termasuk di dalamnya. Yaitu pada tahun pertama hingga tahun kedua dan atau ketiga. Lalu setelah tahun ke-empat asuransi mobil tersebut hanya akan mencakup pada asuransi TLO/Total Lost Only saja.

Sehingga investasi dana dan waktu yang telah teman-teman sediakan akan sangat berguna melakukan perlindungan terhadap kendaraan roda empat(mobil) baru.


Asuransi TLO ke All Risk

Pada beberapa kejadian juga pernah sibatakjalanjalan temukan pada teman-teman yang menginginkan asuransi mobil TLO diubah menjadi All Risk.

mobil terkena bencana alam

Dapatkah asuransi TLO diubah ke All Risk ?

Tentu saja dapat, teman-teman bisa mengunjungi dan menghubungi penyedia asuransi langsung saat periode asuransi mobil TLO akan segera berakhir, lalu mengajukan keinginan untuk melanjutkan polis ke pertanggungan asuransi All Risk, dan untuk biaya perubahan dari asuransi TLO ke All Risk adalah 30 persen dari premi.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads