5 Tips Touring dengan Sepeda Motor Tetap Irit meski Jarak Jauh

Tetap irit meski Touring dengan Sepeda Motor


Sepeda Motor masa kini telah memiliki banyak spesifikasi dan fitur yang cukup membuat nyaman. Dimulai dari bagasi yang luas, CC (Centimeter Cubic) kendaraan yang lebih besar hingga body yang ramping. Beberapa hal yang disebutkan penulis sibatakjalanjalan tersebut bisa menjadi alasan mengapa teman-teman memilih sepeda motor sebagai transportasi menuju destinasi wisata yang akan dikunjungi.

5 tips touring dengan sepeda motor tetap irit meski jarak jauh




1. Cek Kondisi Motor 

Bagian vital yang membantu kinerja kendaraan teman-teman adalah Oli. Oli yang merupakan pelumas kendaraan sesungguhnya sangat-sangat menentukan keberlangsungan perjalanan nantinya. Contoh pengecekan Oli untuk perjalanan jarak jauh kurang lebih dari 1.000 KM (kilometer) sibatakjalanjalan.com sarankan untuk melakukan penggantian oli sebelum memulai perjalanan.

melakukan cek kondisi kendaraan bermotor


Bagian Vital kedua daripada kondisi motor yang kedua adalah kampas rem, atau dikenal juga sebagai sepatu rem. Kegunaanya adalah menahan piringan baja ban untuk berhenti baik secara tiba-tiba dan tidak.

Bagian fisik kondisi motor yang ketiga adalah Ban. Ban hanya terdapat dua saja pada kendaraan bermotor pada umumnya. Tekanan angin dan suhu ban juga sangat berpengaruh dalam perjalanan teman-teman, terutama apabila terlalu panas, ban motor bisa meledak dan membahayakan pengendaraannya.

Baca juga artikel tentang :

2. Kostum berkendara

Untuk perjalanan jarak jauh, teman-teman sibatakjalanjalan sangat dianjurkan dan harus menggunakan helm, jaket, sarung tangan, masker dan sepatu.

kostum berkendara jarak jauh

 
Mengapa ? karena hal ini sangat membantu menjaga vitalitas berkendara teman-teman nantinya. Contohnya adalah apabila teman-teman mengalami kecelakaan, helm akan melindungi bagian kepala yang sangat vital pada bagian tubuh manusia, jaket akan melindungi teman-teman dari udara yang terlalu terik atau dingin, sarung tangan akan membuat tangan teman-teman tetap nyaman dan tidak berkeringan sehingga mengurangi kesalahan saat menarik tali gas dan terakhir sepatu dan masker akan melindungi kaki dan juga meminimalisir debu yang masuk saat bertemu jalanan berdebu dan berpolusi di jalanan nantinya.

3. Barang Keperluan Pendukung

Barang-barang keperluan ini sangat sibatakjalanjalan sarankan hanya yang penting-penting aja, seperti baju ganti dan kebutuhan genting lainnya. Hal ini sangat dianjurkan karena akan membebani teman-teman apabila harus membawa beban yang lebih berat atau bahkan mengganggu  aktifitas berkendara teman-teman nantinya.

motor dan barang keperluan pendukung


4. Istirahat yang cukup

Meski tujuan wisata atau tempat yang akan teman-teman kunjungi masih jauh, bukan berarti teman-teman harus terus menahan ngantuk dan rasa lelah berkendara di jalanan. Sangat sibatakjalanjalan sarankan untuk beristirahat dahulu, baik di hotel, losmen, motel dan penginapan lainnya. Silahkan baca Cara memesan Reddoorz dan kode promonya untuk mendapatkan tawaran penginapan terjangkau. Dan kembali penulis ingatkan bahwa istarahat itu sangat penting dan lebih baik teman-teman menunda perjalanan dahulu daripada melanjutkan perjalanan dengan badan yang lelah, karena dapat membahayakan perjalanan teman-teman nantinya.

istirahat yang cukup


5. Menahan amarah dan belajar bersabar

Tidak semua pengendara yang dapat berkendara sudah mengetahui bahkan memahami tata cara berkendara, apalagi sopan dan taat peraturan. Sering penulis temui dalam perjalanan, baik pengendara di kota wisata dan bahkan teman-teman Rider yang lalai dengan hal ini. Terlalu mudah marah dan tidak bersabar, hal ini menyebabkan masalah yang lebih besar dan memberikan pengalaman wisata yang kurang menyenangkan. Dan penting diperhatikan lebih baik teman-teman mengalah pada pengendara yang ugal-ugalan dan sering memancing emosi daripada harus berargumen dan membuang waktu pada hal-hal yang kurang bermanfaat.

menahan amarah dan belajar bersabar


Sekian artikel sibatakjalanjalan.com tentang “5 Tips Touring dengan kendaraan Jarak Jauh namun tetap irit” .

Baca juga artikel lainnya :
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads