7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah di Indonesia

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah


Asuransi mobil merupakan salah satu hal penting ketika  memiliki kendaraan roda empat atau lebih di Indonesia. Asuransi mobil menjamin kendaraan roda empat teman-teman sibatakjalanjalan mendapat klaim dan jaminan perbaikan, penggantian dan rasa aman kala mengendarai mobil.

Namun untuk memilih asuransi mobil yang baik dan murah, teman-teman sibatakjalanjalan harus mempertimbangkan memilih asuransi yang benar, untuk apa ? agar tidak terjebak dalam prospek asuransi palsu atau bodong.

Yaitu sebagai berikut :

7 Tips memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah di Indonesia 

mobil bagus


1. Memilih asuransi yang sesuai

Memilih asuransi yang sesuai tentu dengan banyak pertimbangan, seperti : kebutuhan mobil dan medan yang akan sering dikendarai oleh mobil teman-teman sibatakjalanjalan. Apakah lalu lintas kawasan kota yang padat atau jalan dengan medan yang rusak. Khusus untuk pendara dalam kota, penulis sibatakjalanjalan sarankan untuk menggunakan asuransi All Risk mengingat resiko lecet yang tinggi. Sedangkan kawasan dengan lalu lintas rawan kriminal dan jalan rusak sangat disarankan menggunakan asuransi TLO.


2. Asuransi mobil pihak ketiga atau cadangan

Asuransi mobil pihak ketiga merupakan polis yang akan memberikan ganti rugi jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan dan resiko tabrakan dengan melibatkan pihak ketiga. Contoh nyatanya adalah bila teman-teman menabrak mobil di depan kendaraan teman-teman saat tiba-tiba lampu merah. Nah pada kejadian inilah biaya dari kerusakan kendaraan yang teman-teman tabrak akan ditanggung oleh pihak asuransi, yaitu asuransi pihak ketiga. 
Namun penting penulis sibatakjalanjalan ingatkan bahwa ada beberapa pengecualian dalam asuransi pihak ketiga di Indonesia. Yaitu :

a. Nasabah asuransi yang terlibat dalam tabrakan atau mendorong kendaraan lain saat sedang melakukan latihan mengemudi (secara legal).
b. Kerugian yang terjadi akibat kendaraan roda empat teman-teman digunakan pada aktifitas illegal dan tidak semestinya, yaitu kegiatan balap liar, kejahatan, aktivitas karnaval, kegiatan kampanye dan unjuk rasa
c. Kerugian yang memang dilakukan secara sengaja dan terencana/direncanakan.
d. Kendaraan roda empat yang mengalami kerugian dikemudikan oleh pengemudi tanpa SIM 
e. Kendaraan yang mengalami kerugian akibat dari pengemudi yang lalai seperti pengaruh minuman keras dan mengkomsumsi obat-obatan terlarang
f. Kendaraan mengalami kerugian akibat hal tak terduga seperti bencana alam atau kerusuhan

3. Membandingkan berbagai polis sebagai acuan

Dengan terbukanya informasi dan media yang dapat diakses secara singkat dan tak terbatas waktu, sangat sibatakjalanjalan sarankan membandingkan terlebih dahulu antara asuransi yang satu dengan yang lainnya. Mempertimbangkan premi yang murah serta manfaat lengkap adalah hal yang mendasar kenapa teman-teman harus terlebih dahulu membandingkan asuransi-asuransi yang berkaitan.


4. Pastikan asuransi tersebut dapat dipercaya (memiliki kredibilitas)

Polis asuransi bodong juga ilegal dengan hanya bermodalkan nama brand yang terkenal dan unik sudah banyak terjadi di Indonesia. Keterpecayaan akan kredibilitas suatu polis sangat penting dipertimbangkan, baik berdasarkan saran dari sesama pengguna atau media yang telah melakukan review terhadap polis tersebut. Tips penting dalam memilih polis asuransi terpercaya adalah berdasarkan pelayanan yang dapat dipercaya dan sebisa mungkin memiliki review/komplain negatif yang minim.

5. Asuransi dengan bengkel rekanan yang luas

Melakukan perbaikan kendaraan roda dua dan empat tentu tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan, perbaikan kendaraan teman-teman harus diserahkan kepada ahlinya, yaitu bengkel resmi dan terpercaya. Ada beberapa asuransi yang sibatakjalanjalan ketahui juga bekerjasama dengan bengkel non-authorized/tidak resmi untuk menunjang pelayanannya. Hal tersebut akan sangat berguna bila mobil teman-teman sibatakjalanjalan rusak di daerah yang kurang dikenal/diketahui.

6. PENTING, Premi Asuransi VS Fitur Layanan yang ditawarkan

Otoritas Jasa Keuangan telah mengatur premi asuransi, meski pada layanan dan fitur akan sangat mencolok antara asuransi yang satu dengan asuransi yang lainnya. Beberapa asuransi hanya melakukan cover pada kerusakan mobil teman-teman saja, dan ada yang menanggung asuransi dari pengemudi hingga penumpang dan hanya menanggung perorangan saja. Baik dengan additional fee dan non additional fee (biaya tambahan).

Sehingga penting mengetahui sebelum menggunakan salah satu plis berdasarkan perlindungan, fitur dan benefit ekstra yang akan diberikan, lalu kemudian teman-teman dapat menyetujuinya.


7. Surat dan Persyaratan Kendaraan yang akan diasuransikan

Ada beberapa dokumen pendukung yang terlebih dahulu juga teman-teman sibatakjalanjalan penuhi sebelum memilih dan memilah polis mana yang akan sekiranya dipilih sebagai perlindungan jangka panjang terhadap kendaraan teman-teman. 

Seperti syarat-syarat mobil yang akan diasuransikan :
a. Formulir pendaftaran yang disediakan polis atau perusahaan asuransi
b. Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK
c. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
d. Fotokopi SIM atau Surat Izin Mengemudi
e. Untuk Warga Negara Asing, teman-teman harus menyertakan dokumen seperti KITAS atau KITAP
f. Dokumen NPWP atau SIUP

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads